Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Bisnis Kecantikan untuk Pemula yang Berpotensi Hasilkan Cuan

Kompas.com - 27/08/2023, 16:18 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.comBisnis kecantikan belakangan ini semakin dilirik oleh calon pelaku usaha. Pasalnya, bisnis kecantikan memiliki jangkauan dan peminat yang sangat besar.

Apalagi, saat ini banyak orang memahami pentingnya perawatan kulit, sehingga bukan hanya kosmetik, berbagai jenis produk skincare dari ujung kepala hingga kaki bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Menariknya lagi, hal ini tak hanya sebatas untuk perempuan dewasa, tapi dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan para pria.

Baca juga: Ingin Merintis Bisnis Online Produk Kecantikan? Ini Tipsnya

Bagi kamu yang tertarik membangun bisnis kecantikan, berikut ini beberapa ide bisnis kosmetik yang jadi pilihan, seperti yang telah di rangkum berbagai sumber.

1. Membuat Produk Sendiri

Jika kamu memiliki keahlian dalam ilmu kimian dan paham bagaimana meracik kosmetik atau pun skincare, kamu dapat melahirkan produk buatanmu sendiri.

Tapi, pastikan kamu membuat produk yang aman dipakai, dengan mencobanya sendiri lebih dulu.

 

Selain itu, kamu harus mendapatkan izin edar dari BPOM dan MUI. Selain untuk memastikan produkmu aman, ini juga untuk menghindari produk dipalsukan pihak tak bertanggung jawab.

Namun, jika kamu tidak paham mengenai kimia kosmetika, kamu dapat menggunakan jasa profesional untuk bekerja sama menciptakan produk kosmetik dan skincare.

Baca juga: Tips Membuka Usaha Kue Rumahan dengan Modal Rp1 Juta

2. Menjadi Reseller atau Dropshipper

Salah satu cara untuk dapat memulai bisnis kosmetik tanpa menggunakan modal, adalah dengan menjadi seorang reseller atau dropshipper.

Perbedaan mendasar antara reseller dan dropshipper yaitu, reseller harus membeli produk ke produsen dan menjualnya ke konsumen, sedangkan dropshipper tidak perlu membeli produk lebih dulu.

Kamu dapat mendaftarkan diri menjadi reseller atau dropshipper pada produsen bisnis kosmetik.

3. Buka Toko Produk Kosmetik

Jika kamu memiliki modal yang besar, kamu dapat membuka toko kosmetik dengan mengambil produk dari berbagai produsen kosmetik.

Biasanya, dengan mengambil produk dalam jumlah banyak, kamu bisa mendapatkan harga lebih murah atau mendapatkan hadiah dari merek terkait, sehingga kamu bisa menjual ke konsumen dengan harga lebih rendah dari yang dijual di mall.

 

Pastikan juga merek kosmetik dan skincare yang kamu jual sudah halal dan tercatat di BPOM, sehingga terjamin keamanannya.

Baca juga: Cerita Hartoyo Mendirikan Skyn Gym, Hadirkan Inovasi Baru Bisnis Kecantikan

4. Bisnis Spa Kecantikan

Selain berjualan produk, bisnis kecantikan yang bisa kamu jalankan yaitu bisnis spa kecantikan.

Namun untuk membangun bisnis spa kecantikan, kamu membutuhkan modal yang besar untuk menyewa tempat, mendekornya, membeli berbagai perlengkapan spa hingga menggaji para karyawan, termasuk para therapist yang memiliki keahlian treatment spa.

5. Membuka Salon Kecantikan

Sama halnya dengan membuka spa, membuka salon juga membutuhkan biaya yang terbilang besar, karena harus menyewa tempat dan membeli perlengkapan salon.

Pahami juga target pasar yang kamu sasar, apakah mereka lebih membutuhkan perawatan rambut seperti gunting rambut hingga hair spa atau apakah mereka lebih membutuhkan spa tangan dan kaki yang dilengkapi dengan pewarna kuku.

Selain menwarkan perawatan, kamu juga bisa menjual produk skincare atau kosmetik dengan merekmu sendiri. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus.

Baca juga: 3 Strategi Sukses Menjalankan Bisnis Kecantikan ala Founder SKYN Group

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com