Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Meraup Cuan dari Bisnis Sepatu

Kompas.com - 26/08/2023, 13:18 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.comSepatu merupakan salah satu barang yang digunakan orang ketika berpergian. Selain itu, sepatu juga tidak akan rusak dan kedaluwarsa sehingga dapat meminimalisir kerugian.

Bukan hanya itu, segmentasi usaha sepatu juga sangat luas. Mulai dari anak-anak, orang dewasa, orang tua, serta pria dan wanita.

Kebutuhan ini yang menjadikan bisnis sepatu memberikan peluang yang sangat menjanjikan. Selain itu, kamu hanya membutuhkan modal sekitar Rp 10 Juta.

Baca juga: 6 Cara Budidaya Cacing Tanah, Bisa Hasilkan Cuan Berlimpah

Tertarik untuk memulai bisnis sepatu? Simak cara berikut ini yang telah dirangkum dari beberapa sumber.

1. Mencari Informasi

Langkah pertama yaitu kamu pahami terlebih dahulu bagaimana menjalankan usaha sepatu. Kamu dapat melakukan diskusi dengan teman atau dapat bergabung dengan komunitas untuk mendapatkan informasi bisnis sepatu.

2. Tentukan Segmentasi pasar dan Harga

Segmentasi pasar merupakan strategi pemetaan target konsumen berdasarkan karakteristik, kebutuhan, dan perilakunya agar kamu mampu mengenali kelompok konsumen dengan lebih baik.

Baca juga: Perkiraan Biaya dan Tips Membuka Usaha Cuci Motor

Terdapat banyak sekali jenis sepatu mulai dari formal, sport, casual, dan lain-lain. Setiap sepatu memiliki jenis dan harga yang berbeda-beda, jadi sesuaikan saja harganya yang mampu menutupi biaya operasional dan keuntungan yang kamu inginkan.

3. Bekerja Sama dengan Pemasok Sepatu

Kamu dapat bekerja sama dengan pemasok sepatu agar kamu mendapatkan harga yang lebih rendah sehingga memperbesar margin keuntungan kamu. Kamu dapat mencari pemasok sepatu original di internet atau bertanya pada yang sudah berpengalaman.

Pilihlah pemasok yang memiliki harga rendah, terpercaya, memiliki kualitas sepatu yang terbaik.

Baca juga: Maybank Siapkan Rp 3,3 Triliun untuk Dukung Program Sustainability di Indonesia

5. Jualan Sepatu di Media Sosial dan Marketplace

Kamu tidak hanya berjualan secara mandiri di rumah, kamu juga dapat memperluas jangkauan penjualan melalui media sosial dan e-commerce. Kamu dapat memanfaatkan media sosial seperti instagram dan facebook untuk berjualan dengan mengunggah produk sepatu.

Kamu dapat mengarahkan pelanggan ke toko online sehingga pelanggan merasa lebih mudah, nyaman, dan aman dalam bertransaksi.

6. Lakukan Marketing

Marketing penting sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah penjualan dan juga perluasan jangkauan. Kamu dapat melakukan marketing atau pemasaran dengan memanfaatkan beberapa platform online.

Baca juga: Punya Bisnis Make Up Artist? Pahami Beberapa Hal Ini

Kamu bisa mengunggah foto sepatu dengan detail sebaik mungkin. Selain itu, kamu dapat membuat promosi-promosi yang menarik pelanggan, seperti bundling, potongan harga, dan gratis ongkir.

7. Perhatikan kompetitor

Amati perilaku kompetitor dalam berbisnis. Kamu dapat mempelajari bagaimana saingan kamu melakukan pemasaran, mendapatkan pemasok barang, dan melakukan penjualan.

Baca juga: 5 Kiat Sukses Bisnis Buket

Hasil pengamatan ini menjadi bahan dasar bagi kamu untuk membuat langkah strategi yang sesuai dengan usaha yang kamu jalankan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com