Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Peluang Usaha di Bidang Energi yang Menguntungkan

Kompas.com - 30/09/2023, 08:00 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memulai usaha kecil di bidang energi adalah pilihan yang menarik, terutama dengan meningkatnya kesadaran akan keberlanjutan dan penggunaan sumber energi yang ramah lingkungan.

Berikut ini Kompas.com telah merangkum beberapa peluang bisnis di bidang energi yang dapat kamu pertimbangkan.

1. Pemasangan Panel Surya

Bisnis pemasangan panel surya terus berkembang dengan cepat karena semakin banyak rumah dan bisnis yang ingin beralih ke energi surya untuk menghemat biaya listrik dan berkontribusi pada lingkungan.

Kamu dapat memulai perusahaan instalasi panel surya atau menjadi agen penjualan panel surya.

Baca juga: Apindo Sebut Perlunya Fasilitasi Akses Energi Baru Terbarukan untuk UMKM

2. Penyedia Layanan Konservasi Energi

Menawarkan layanan konsultasi dan audit energi kepada rumah tangga dan bisnis untuk membantu mengidentifikasi cara mengurangi konsumsi energi mereka.

Ini termasuk saran tentang isolasi, pencahayaan hemat energi, dan pemilihan peralatan listrik yang efisien.

3. Bisnis Pemulihan Energi

Memanfaatkan teknologi pemulihan energi seperti pemulihan panas, pemulihan energi limbah, atau teknologi pemulihan energi terbarukan untuk menghasilkan energi tambahan dari sumber yang ada.

4. Penyedia Layanan Pengisian Daya Mobil Listrik

Dengan pertumbuhan kendaraan listrik, menjadi penyedia layanan pengisian daya kendaraan listrik bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Baca juga: Pertamina Kembangkan Program Desa Mandiri Energi untuk Dukung Transisi Energi

Praktik bisnis Ini bisa berupa pengisian daya umum di tempat umum atau penyediaan pengisian daya di rumah atau bisnis pelanggan.

5. Pemasaran Energi Terbarukan

Jika kamu memiliki pengetahuan tentang energi terbarukan, kamu bisa menjadi agen penjualan atau konsultan yang membantu individu dan bisnis memilih sumber energi terbarukan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

6. Bisnis Bioenergi

Memproduksi atau mendistribusikan bioenergi, seperti bioetanol atau bahan bakar biomassa.

Masih terdapat tantangan dalam mengembangkan bisnis ini, namun dengan menanam di lokasi yang tepat, dan model bisnis yang tepat untuk membantu penduduk setempat mendapatkan keuntungan, bioenergi memiliki kekuatan untuk menjaga bentang alam dari degradasi dan memenuhi kebutuhan nasional.

Perlu kamu ingat jika bisnis di bidang energi seringkali memerlukan investasi awal yang signifikan, tetapi dapat memberikan pengembalian yang kuat dalam jangka panjang.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Hadapi Persaingan dalam Bisnis

Sebelum memulai bisnis di bidang energi, pastikan untuk melakukan penelitian pasar yang menyeluruh, memahami persyaratan peraturan, dan mengidentifikasi peluang spesifik dalam wilayah kamu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com