Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Cara Pemuda Ini Bangun Semangat Wiraswasta sambil Sekolah

Kompas.com - 16/10/2023, 16:20 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dari Gandang, Vice President Human Resource Anagata Student Company SMA Islam, Alam dan Sains (IAS) Al Jannah, merupakan pelajar yang juga menjalankan sebuah perusahaan. Keputusannya menjadi pengusaha saat masih bersekolah mengharuskan dirinya memiliki kemampuan membagi waktu.

Pembagian waktu yang dimaksudkan Gandang adalah dengan penyesuaian waktu dengan hal yang menjadi prioritas. Apalagi, sebagai seorang pelajar prioritas yang seharusnya dikerjakan terlebih dahulu adalah tugas dari sekolah.

“Kita sebagai pelajar ya harus bisa membagi waktu sesuai hal yang menjadi prioritas. Tapi tetap harus utamakan urusan sekolah. Untuk urusan bisnis, kami segenap manajemen Anagata biasanya memiliki waktu khusus untuk mengurus bisnis ini,” tutur Gandang.

Baginya, cara menentukan prioritas adalah dengan memperhatikan tenggat waktu dan urgensi suatu tugas. Dengan demikian, kamu bisa fokus mengerjakan tugas prioritas.

Baca juga: 4 Tips Penting buat Gen Z yang Mau Jadi Wirausaha Muda

Di luar hal yang disebutkan oleh Gandang, sebagai pelajar yang memiliki semangat wiraswasta, ada beberapa hal yang sangat penting untuk dikuasai.

1. Pengembangan Keterampilan Wirausaha

Salah satu hal terpenting adalah mengembangkan keterampilan wirausaha. Pengembangan keterampilan dapat mencakup pemahaman tentang bagaimana memulai dan mengelola bisnis, perencanaan bisnis, manajemen keuangan, pemasaran, dan keterampilan interpersonal seperti negosiasi dan komunikasi.

Cara untuk bisa mendalami hal tersebut adalah dengan menghadiri kursus, seminar, atau dengan mengikuti program pendidikan yang berfokus pada kewirausahaan.

2. Mengidentifikasi Peluang

Kewirausahaan melibatkan kemampuan untuk mengidentifikasi peluang bisnis. Kamu harus belajar untuk melihat kebutuhan di pasar dan mencari solusi inovatif.

Miliki pemahaman tentang tren pasar, analisis persaingan dan kreativitas dalam menghasilkan ide-ide baru. Belajar tentang riset pasar dan memahami perilaku konsumen dapat membantu kamu dalam proses mengidentifikasi peluang.

Baca juga: Bingung Bikin Iklan Produk dengan Instagram Ads? 8 Tips Ini Wajib Dicoba

3. Pengalaman Praktik

Teori itu penting, tetapi pengalaman praktik juga sangat berharga.

Dengan belajar memulai bisnis kecil atau bergabung dengan program magang, memungkinkan kamu untuk memiliki pengalaman bekerja dalam lingkungan wirausaha.

Pengalaman langsung akan memberi kamu wawasan yang lebih mendalam tentang bagaimana bisnis berfungsi dan tantangan yang mungkin dihadapi.

Selain tiga hal utama ini, penting juga untuk memiliki rasa ketekunan, keberanian untuk mengambil risiko dan kemampuan untuk belajar dari kegagalan.

Wirausaha seringkali menghadapi rintangan dan hambatan, tetapi semangat untuk terus maju dan belajar dari setiap pengalaman adalah kunci untuk kesuksesan dalam dunia wirausaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com