Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Supplier Jus Buah Segar

Kompas.com - 08/11/2023, 07:00 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap usaha kuliner dan yang dijalankan pasti akan membutuhkan supplier atau pemasok. Begitupun dengan usaha jus buah.

Jus buah adalah minuman yang menyegarkan dan sehat. Untuk membuat jus buah yang berkualitas, dibutuhkan bahan baku yang berkualitas pula.

Dalam hal memilih supplier bahan baku yang tepat adalah hal yang penting bagi pelaku usaha jus buah.

Berikut ini adalah beberapa kiat yang harus diperhatikan dalam memilih supplier buah untuk bisnis jus buah segar.

1. Perhatikan Reputasi Supplier

Untuk menemukan supplier yang terpercaya, mulanya kamu harus mengetahui beberapa hal selayaknya kredibilitas calon supplier untuk bisnis jus buah segar.

Baca juga: Hasilkan Jutaan Rupiah dari Usaha Jus Buah Segar, Ini Tips Memulainya

Perhatikan hal sederhana seperti kelayakan toko supplier, platform online yang dimiliki, informasi lengkap mengenai bahan baku, kontak yang dapat dihubungi, jenis layanan pengiriman, hingga ulasan terkait supplier yang bisa dicari tahu melalui media sosial.

2. Perhatikan Kualitas Bahan Baku Produk

Hal terpenting yang harus diperhatikan dalam memilih supplier adalah kualitas bahan baku.

Kamu harus memastikan jika pemasok yang dipilih menyediakan bahan baku yang berkualitas dan segar. Dengan bahan baku yang berkualitas, maka produk yang akan kamu hasilkan juga berkualitas.

Kamu bisa memperhatikan kualitas buah-buahan yang disediakan supplier dan menggali informasi mengenai produsen atau petani buah segar yang mereka sediakan.

3. Perhatikan Kualitas Layanan Supplier

Baca juga: Ingin Dapat Harga Terbaik dari Supplier? Begini Cara Bernegosiasinya

Penting bagimu untuk memastikan pemasok memiliki sistem penyimpanan dan transportasi yang baik untuk menjaga kualitas bahan baku.

Jika kamu telah mengetahui hal tersebut, kembali pastikan supplier yang dipilih dapat mengirimkan bahan baku dengan cepat dan mudah ke tempatmu berjualan.

Tidak hanya layanan pengiriman, melainkan layanan dalam segi komunikasi juga harus diperhatikan. Itu penting agar kamu tak mengalami kendala dalam mengkomunikasikan kebutuhan pasokan bahan baku.

4. Memiliki Beberapa Supplier

Ketika menentukan supplier untuk bisnis, kamu bisa menentukan dan memilih beberapa supplier lainnya untuk melakukan perbandingan harga.

Setelah mengetahui beberapa aspek yang diperlukan, kamu bisa menyesuaikan untuk menggunakan supplier yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Baca juga: 7 Tips Sukses Menjual Produk bagi Pelaku Usaha

Memiliki lebih dari satu supplier juga dapat menguntungkan, sebab bisa menjaga ketersediaan bahan baku buah segar dan terhindar dari resiko salah satu pemasok sedang mengalami kekosongan pada bahan baku buah tertentu.

5. Ketahui Syarat dan Ketentuan Pengembalian Produk

Sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan salah satu pemasok buah segar, kamu perlu mencari tahu lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan untuk pengembalian produk jika terdapat produk yang cacat atau tidak sesuai.

Ini dilakukan agar kamu dapat terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan apabila memperoleh bahan baku yang tidak sesuai.

Dengan mengetahui jaminan dan kebijakan yang berlaku, kamu bisa merasa aman dan nyaman selama bekerjasama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com