Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Supplier, Pelaku UMKM Wajib Tahu!

Kompas.com - 31/03/2023, 07:00 WIB
Rheina Arfiana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Memiliki hubungan baik dengan supplier mampu memberikan banyak keuntungan untuk usaha. Salah satunya seperti memperoleh produk berkualitas dengan harga terjangkau.

Di dunia usaha, menemukan supplier yang bisa diandalkan tidaklah mudah. Oleh karena itu, apabila sudah menemukan supplier yang bisa diandalkan jagalah hubungan baik dengan mereka.

Namun, tak semua pelaku usaha mengetahui cara menjaga hubungan baik dengan supplier. Dalam artikel ini, berikut cara pelaku usaha menjaga hubungan baik dengan supplier, seperti dirangkum dari beberapa sumber.

Baca juga: Ingin Dapat Harga Terbaik dari Supplier? Begini Cara Bernegosiasinya

1. Melakukan transaksi pembayaran tepat waktu

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan transaksi pembayaran tepat waktu. Supplier tentu merasa senang dan meningkatkan kepercayaannya, lalu bisa saja usahamu dimasukan ke dalam list spesial mereka.

Pelaku usaha sebaiknya menghindari transaksi pembayaran yang tidak tepat waktu. Bisa saja supplier memutuskan kerja sama dengan usahamu.

2. Membuat perjanjian secara lengkap

Selanjutnya adalah membuat perjanjian secara lengkap yang berisi hak dan kewajiban dari pihak pelaku usaha dengan supplier.

Perjanjian tersebut bisa membantu pelaku usaha untuk berkomunikasi dengan supplier menjadi lancar dan efektif karena memiliki panduan yang berkaitan antara pembayaran dan penyediaan barang.

Baca juga: Ingin Meningkatkan Kepuasan Pelanggan? Simak Cara Berikut Ini

3. Memberikan apresiasi

Sebagai pemilik usaha memberikan apresiasi di waktu tertentu ke supplier mampu menjaga dan mempererat suatu hubungan.

Misalnya memberikan supplier hadiah, seperti hampers hari raya. Perlakuan yang terlihat sederhana itu memperlihatkan Kamu menghargai supplier sebagai rekan usaha.

4. Memperlakukan supplier lebih dari pemasok

Cara selanjutnya memperlakukan supplier lebih dari pemasok karena mereka memiliki pengaruh yang besar terhadap usahamu.

Baca juga: Ingin Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan? Simak Langkah Berikut Ini

Ajaklah supplier untuk berdiskusi mengenai usaha yang kalian jalani. Bisa saja dari diskusi tersebut memunculkan obrolan yang belum terpikirkan oleh Kamu dan supplier.

5. Melakukan kontak secara teratur

Cara terakhir yang bisa dilakukan dengan mengontak supplier secara teratur. Jadi, tidak hanya saat memesan saja Kamu menghubungi mereka.

Hal tersebut menjadi penting apabila sewaktu-waktu Kamu membutuhkan bantuan atau masukan dari supplier, tentu memudahkanmu mendapat bantuan atau masukannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com