Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ninja Xpress Terus Dukung UMKM Naik Kelas dan Go Global

Kompas.com - 16/11/2023, 14:46 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyedia layanan jasa logistik, Ninja Xpress terus mendukung pelaku pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk bisa naik kelas dan go global. 

Sejumlah upaya disiapkan seperti penyediaan Ninja Studio untuk pelaku UMKM hingga fasilitasi UMKM untuk bisa memasarkan produk di lokapasar internasional.

Head of Public Relation Ninja Xpress, Ribka Pratiwi mengatakan, pelaku UMKM merupakan mitra Ninja Xpress untuk tumbuh maju bersama. UMKM disadari punya peranan penting bagi Indonesia dan Ninja Xpress.

"Kalau mereka (pelaku UMKM) bisa sukses, ujungnya kami (Ninja Xpress) akan menerima dan mengirim lebih banyak paket. Oleh karena itu, sejak tahun 2021 berkomitmen untuk membantu UMKM dengan Siap Bantu Sampai Tujuan," ujar Ribka dalam temu media, Rabu (16/11/2023).

Adapun fasilitas Ninja Studio merupakan bantuan promosi dan pemasaran secara gratis melalui layanan foto dan video produk di dalam Ninja Studio. Penyediaan Ninja Studio sebagai ruang edukasi dan eksplorasi bagi para pelaku UKM untuk pengembangan bisnis mereka.

"Pelaku UMKM yang bisa menggunakan fasilitas Ninja Studio difokuskan oleh pelaku UMKM yang gunakan Ninja Xpress," kata Ribka.

Selain itu, ada juga layanan Ninja Fulfillment untuk pelaku UMKM. Pelaku UMKM bisa memanfaatkan layanan Ninja Fulfillment untuk membantu pengecekan barang dan pergudangan.

Baca juga: Ninja Xpress Bantu Pemulihan UKM lewat Ninja Xpress Seller Booster

Selain itu, Ninja Xpress juga membantu memfasilitasi pelaku UMKM menjual produk di sebuah platform e-commerce yang berfokus pada penjualan produk-produk Indonesia di Malaysia, Mallindo.

Upaya tersebut dilakukan Ninja Xpress untuk mendorong pelaku UMKM memiliki akses yang lebih luas dan mampu menjual produknya di Malaysia.

"Untuk saat ini sudah ada ratusan kilogram produk yang terkirim ke Malaysia. Paling banyak makanan kering seperti ikan lele kecil, jamur, dan wedang uwuh. Ini program baru kami dan masih akan terus berproses," ujar Ribka.

Pelaku UMKM juga bisa memanfaatkan layanan pengadaan bahan baku dari luar negeri melalui Ninja Direct.

Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 8.000 pelaku UMKM yang telah menggunakan fasilitas Ninja Xpress Seller Booster untuk meningkatkan penjualan bisnis mereka.

Ninja Xpress kini memasuki tahun ke-8 perjalanannya sebagai penyedia jasa logistik. Dengan semangat gotong royong membantu sukses UMKM di Indonesia, semangat sinergi dengan mengunggulkan ekosistem logistik yang terintegrasi, yaitu solusi end-to-end dari pengadaan bahan baku hingga layanan pemasaran marketing, serta ambisi dalam mendukung UMKM Indonesia terus maju dan menuju pasar global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com