Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memulai Bisnis Dekorasi Pesta

Kompas.com - 19/12/2023, 08:15 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Menjelang akhir tahun, peluang usaha di bidang dekorasi pesta digadang-gadang bakal mengalami peningkatan.

Pasalnya momen akhir tahun kerap digunakan untuk menyelenggarakan acara pesta. Mulai dari acara ulang tahun, reuni keluarga hingga acara pernikahan.

Tentunya menyiapkan dekor pesta impian tidak sesederhana yang dibayangkan. Ada banyak hal yang harus disiapkan agar pesta yang diadakan berhasil dan meriah. Inilah mengapa, peluang usaha dekorasi pesta terbilang sangat menjanjikan.

Ada banyak alasan mengapa dekorasi dianggap sangat penting dalam sebuah acara pesta. Salah satunya adalah karena dekorasi yang tepat mampu mendukung prosesi pesta agar tampak semakin megah dan cantik.

Memulai bisnis atau usaha di bidang dekorasi pesta memang bukan hal yang mudah. Karena memang ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan dan disiapkan dengan sebaik-baiknya.

Penasaran ingin mencoba usaha dekorasi pesta, tapi masih ragu-ragu? Simak beberapa tips dikutip dari Cermati.com, untuk memulai usaha dekorasi untuk pesta dalam ulasan berikut ini selengkapnya.

1. Awali dengan Riset Bisnis

Ketika ingin memulai sebuah bisnis, hal pertama yang perlu dan wajib dilakukan adalah riset bisnis. Hal ini juga berlaku saat Anda berencana menjalankan bisnis dekorasi untuk pesta.

Riset bisnis ini dilakukan agar bisa mendapatkan sejumlah informasi penting yang dibutuhkan untuk mendukung pengembangan bisnis. Mulai dari mencari inspirasi dekorasi pesta yang saat ini sedang diminati, info persaingan harga di pasaran dan beragam informasi penting lainnya.

Selain itu, riset bisnis juga bisa membantu dalam segmentasi pasar dari sebuah bisnis. Sehingga, calon konsumen yang ditargetkan nantinya bisa lebih spesifik sesuai jasa yang ditawarkan.

2. Memiliki Kreativitas Lebih

Dalam bisnis dekorasi untuk pesta, hal yang tak kalah penting untuk dimiliki pelaku usahanya adalah kreativitas. Bahkan, bisa dibilang kreativitas dan juga keterampilan merupakan modal utama untuk memulai usaha jenis ini.

Agar dapat menggali kreativitas yang dimiliki, Anda bisa melakukan brainstorming terkait dekorasi pesta bersama rekan kerja. Apalagi sebagai pemilik usaha dekorasi pesta, mengetahui tipe dekorasi apa yang sedang diminati atau tren menjadi hal yang cukup penting.

3. Selalu Update dengan Tren Dekorasi Terkini

Dari tahun ke tahun, tren dekorasi pesta selalu mengalami perkembangan sesuai minat masyarakat dan perubahan zaman. Apalagi kebanyakan orang lebih suka dengan dekorasi pesta terbaru atau sedang tren.

Sehingga, ketika ingin memulai bisnis ini Anda harus punya wawasan yang cukup luas tentang dekorasi pesta dan tanggap dengan tren yang sedang booming.

Anda bisa mencari inspirasi dekorasi pesta dari mana saja, misalnya dari foto atau video di sosial media maupun internet lainnya. Dengan mengikuti perkembangan tren, ini bisa jadi nilai lebih bisnis Anda dibanding kompetitor di mata calon konsumen.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Barang Antik Cuan Menarik

4. Tepat Menentukan Harga

Dalam bisnis, harga termasuk poin yang cukup sensitif. Apalagi jika berkaitan dengan penetapan harga layanan. Karena memang dalam menentukan harga layanan yang sesuai bukanlah hal yang mudah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com