Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Bangka Belitung dan AP II Hadirkan Galeri UMKM di Bandara Depati Amir

Kompas.com - 10/01/2024, 19:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama dengan PT Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Pangkalpinang bekerja sama untuk mempromosikan berbagai produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di daerah itu.

"Saat ini kita pajang lebih dari 20 produk UMKM di terminal penumpang Bandara Depati Amir Pangkalpinang sebagai bentuk kepedulian pemerintah untuk memasarkan produk itu langsung ke para pengunjung dan wisatawan," kata pelaksana tugas Kepala Dinas Koperasi dan UKM Babel, Riza Aryani di Pangkalpinang, Selasa seperti dilansir dari Antara.

Riza mengatakan kerja sama ini juga sebagai salah satu upaya nyata dari pemerintah dalam pemberdayaan UMKM, sesuai dengan adanya perubahan Undang-undang 20 Tahun 2008 tentang Pemberdayaan UMKM dan adanya perubahan UU Cipta Kerja serta PP Nomor 27 Tahun 2021 tentang Kemudahan Berusaha yang salah satunya menyatakan fasilitas publik menyiapkan tempat 30 persen untuk pelaku UMKM.

Sekitar 20 produk yang ada di Galeri UMKM Terminal Penumpang Bandara Depati Amir Pangkalpinang itu seluruhnya sudah lolos kurasi, baik standarisasi produk, lembaga, NIB, sertifikasi BP POM, sertifikat halal dan untuk produk kain cual juga sudah memiliki sertifikat HAKI.

"Berbagai produk ini sudah diverifikasi dan unggulan daerah, sedangkan untuk produk-produk UMKM yang belum terkurasi menurut akan tetap dilakukan pembinaan dari pemerintah agar ke depan semakin mudah untuk dipasarkan," ujar Riza.

Baca juga: Geliatkan UMKM, Pemprov Bangka Belitung Kembangkan Pasar Mambo

Bagi para pelaku UMKM yang produknya belum dikurasi diharapkan tidak berkecil hati. Pemerintah, lanjut Riza, akan terus berupaya agar bisa memenuhi berbagai standar yang berlaku dan pemerintah akan melakukan pendampingan dan pembinaan agar bisa memenuhi standar melalui bantuan fasilitasi PIRT, sertifikat halal dan kualitas kemasan produk.

"Kami berharap kehadiran galeri UMKM di terminal penumpang Bandara Depati Amir ini dapat menjadi pilihan para wisatawan dan tamu yang datang ke Babel tidak sempat membeli oleh-oleh atau sarapan," kata Riza..

Galeri UMKM Babel di Bandara Depati Amir Pangkalpinang buka setiap hari mulai pukul 05.30 WIB hingga jadwal keberangkatan terakhir maskapai di Bandara Depati Amir.

Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Pangkalpinang, M. Adiwiyatno mengatakan kolaborasi dengan instansi terkait dalam menyediakan fasilitas promosi produk pelaku UMKM, kerajinan dan pariwisata Babel ini merupakan salah satu bentuk dukungan dalam memajukan berbagai usaha yang ada di daerah itu.

"Kami menyadari bandara ini salah satu pintu gerbang utama wisatawan, hadirnya galeri UMKM di terminal penumpang ini dapat menambah omset para pelaku usaha," katanya.

Ia berharap kerja sama yang dilakukan dengan Pemprov Babel melalui Dinas Koperasi dan UKM bisa membantu meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM dan pariwisata Babel semakin maju.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com