Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lanud Silas Papare Jayapura Buka Dirgantara Food Corner untuk Fasilitasi Pelaku UMKM

Kompas.com - 21/01/2024, 21:48 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sebagai bentuk upaya mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Pangkalan TNI AU Angkatan Udara (Lanud) Silas Papare Jayapura, Papua, membuka Dirgantara Food Corner, yang menjual berbagai aneka makanan.

Komandan Lanud Silas Papare Jayapura Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan, pihaknya mengakomodir pelaku UMKM menjual produknya di Dirgantara Food Corner, untuk memberikan peluang usaha kepada pelaku usaha, agar kehidupan ekonomi mereka meningkat.

Di samping itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura juga telah memfasilitasi pencahayaan di Dirgantara Food Corner, yang akan menambah perhatian masyarakat untuk berkunjung ke tempat tersebut.

Baca juga: CEO DANA Indonesia Paparkan Manfaat Teknologi Finansial bagi UMKM di WEF 2024

“Kami harap dengan adanya dukungan penerangan dari Pemkab Jayapura, penjual dan masyarakat (pembeli) di food corner dapat lebih nyaman lagi menikmati suasana di tempat itu,” kata Indan, seperti dikutip dari Antara, Minggu (21/1/2024).

Selain penerangan, Pemkab Jayapura membangun trotoar di Dirgantara Food Corner untuk lebih memberikan nilai estetika, sekaligus ketertiban dan keteraturan.

Indan menegaskan, Dirgantara Food Corner bukan untuk mengejar keuntungan, melainkan memberikan akses kepada pelaku UMKM di daerah setempat untuk berjualan di tempat yang representatif. Nantinya, biaya sewa dari pelaku UMKM juga akan disetor ke kas negara.

Dia menambahkan, pihaknya juga akan memfasilitasi lahan parkir yang baik, sehingga pengunjung yang datang bisa memarkirkan kendaraan dengan baik.

“Intinya dari lahan parkir ini, pengunjung yang memarkirkan kendaraan tidak mengganggu aktivitas pengendara lain, sehingga lalu lintas tetap berjalan seperti biasa tanpa adanya hambatan,” ujarnya.

Baca juga: Woman Ecosystem Catalyst Akan Bantu Perempuan Pelaku UMKM Mengembangkan Bisnis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com