Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 UMKM Binaan BI Kalbar Tembus Pasar Nasional dan Internasional

Kompas.com - 04/02/2024, 07:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

PONTIANAK, KOMPAS.com - Empat produk unggulan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) menembus pasar nasional dan internasional. Kepala Perwakilan BI Kalbar, NA Anggini Sari mengatakan, produk UMKM tersebut antara lain wastra, Kopi Liberika, hortikultura, dan pariwisata.

"Produk unggulan UMKM Kalbar yang termasuk kriteria internasional ada wastra dan Kopi Liberika," ujar Anggini di Pontianak seperti dilansir dari Antara.

Menurut Anggini, wastra sudah menjadi produk unggulan Kalbar yang mampu mengharumkan nama Indonesia. Bahkan, kain tenun ikat binaan BI di Sintang telah dipasarkan di Dubai, London, Singapura, dan Jepang.

"Wastra sudah kami jual pada saat expo terakhir di Dubai, pernah di London, Singapura, dan Jepang. Penjualan dilakukan di Kantor Perwakilan BI pada saat expo," kata Anggini.

Di samping itu, kata Anggini, wastra asal Kalbar juga tak pernah absen untuk dipasarkan pada kegiatan karya kreatif Indonesia setiap tahunnya.

Baca juga: Cerita Lilia Merintis Renaco, Ciptakan Olahan Kurma Coklat hingga Kopi

Selain wastra, produk UMKM unggulan Kalbar binaan BI yang telah menembus pasar internasional lainnya ialah Kopi Liberika. Kopi liberika asal Kayong Utara disebut telah diekspor hingga ke China.

"Kopi Liberika binaan BI ada di Kayong utara dan Sambas, dan Kopi Liberika asal Kayong Utara sudah di fasilitasi BI melalui nota kesepahaman dengan pembeli dari China," tambah Anggini.

Selain tembus pasar internasional, terdapat pula produk UMKM unggulan yang menurutnya berpotensi mengharumkan nama Kalbar di Indonesia yakni produk hortikultura dan pariwisata.

Ia menyampaikan jika hingga saat ini tidak semua wilayah Kalimantan masuk sebagai sentra produksi hortikultura. Untuk pariwisata, tercatat hingga kini Kalbar menduduki peringkat keenam dalam kunjungan wisatawan terbanyak di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com