Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemasan Siap Ekspor, Kunci Peningkatan Daya Saing Produk untuk Ekspor

Kompas.com - 10/02/2024, 13:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

MINAHASA SELATAN, KOMPAS.com - Penggunaan kemasan siap ekspor menjadi salah satu kunci peningkatan daya saing produk untuk ekspor.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga dalam kegiatan diseminasi “Peluang Pasar Global Melalui Kemasan Siap Ekspor” di Minahasa Selatan, Sulawesi Utara pada Jumat (9/2/2024).

“Penggunaan kemasan siap ekspor merupakan kunci keberhasilan dalam memperluas peluang ekspor ke negara-negara yang telah berhasil dibuka akses pasarnya,” ungkap Wamendag Jerry dalam siaran pers, Jumat.

Jerry mengatakan, pelaku UMKM perlu untuk meningkatkan nilai dan fungsi suatu produk dalam upaya meningkatkan ekspor. Dengan begitu, pelaku UMKM siap menghadapi persaingan di negara-negara pasar ekspor

Adapun acara diseminasi “Peluang Pasar Global Melalui Kemasan Siap Ekspor” diikuti oleh 200 peserta yang terdiri dari pelaku UMKM di Kabupaten Minahasa Selatan.

Jerry menyampaikan  neraca perdagangan Indonesia pada 2023 juga masih menunjukkan tren positif, dengan surplus sebesar USD 36,93 miliar.

Selain itu, Jerry juga mengutarakan, Indonesia telah berhasil mengimplementasikan 37 perjanjian perdagangan, 15 perjanjian perdagangan sedang dalam proses perundingan, dan 16 lainnya dalam tahap penjajakan.

Para pelaku usaha diharapkan dapat memanfaatkan perjanjian perdagangan yang telah diimplementasikan untuk mengembangkan produknya ke pasar global, sehingga dapat memperluas dan menciptakan pasar baru guna meningkatkan ekspor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com