Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Membuat Kartu Nama Usaha Agar Menarik Perhatian

Kompas.com - 22/02/2024, 20:00 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber Seribu.id

KOMPAS.com - Ketika menjalankan bisnis, UMKM perlu memiliki kartu nama yang menarik guna membangun citra bisnis.

Kartu nama bukan hanya sekedar alat untuk pertukaran kontak, tetapi juga representasi dari brand dan identitas bisnis Anda. 

Anda dapat menjangkau calon pembeli secara langsung dengan memberikan kartu nama usaha Anda. Hal itu dapat memungkinkan calon pembeli untuk melihat informasi seputar usaha Anda.

Baca juga: Pahami Fungsi dan Cara Membuat Kartu Nama yang Sesuai untuk UMKM

Maka dari itu, kartu nama usaha Anda haruslah dapat menarik perhatian Mereka. Dilansir dari Seribu.id, berikut adalah beberapa tips untuk membuat kartu nama UMKM yang menarik dan terkesan profesional:

1. Wajib Gunakan Logo Usaha

Pada kartu nama, Anda wajib untuk menggunakan logo usaha Anda. Dikarenakan logo usaha merupakan salah satu cara komunikasi efektif dengan calon pelanggan.

Dengan kartu nama usaha yang dilengkapi logo usaha, calon pelanggan akan lebih mudah mengingat usaha Anda.

Baca juga: 5 Panduan Membuat Logo Usaha untuk UMKM

2. Sertakan Informasi Penting saja

Setelah logo usaha, Anda hanya perlu merangkum beberapa informasi yang penting saja. Misalnya, nama usaha Anda, Kontak yang dapat dihubungi, slogan atau sedikit penjelasan tentang usaha Anda.

Ini akan memudahkan calon pelanggan mudah untuk memahami informasi bisnis Anda serta lebih mudah untuk menarik perhatian mereka.

3. Gunakan Tipe Kertas yang Berkualitas

Eksklusivitas dan daya tahan kartu nama dapat tercermin dari kualitas kertas yang dipilih. Pilihlah jenis kertas berkualitas agar dapat bertahan lama.

Kartu nama yang bertahan lama akan selalu dapat dibaca oleh siapapun, tanpa ada tulisan atau gambar yang pudar.

4. Desain yang Memorable

Kartu nama usaha yang memorable dapat dinilai dari desainnya. Desain mencakup warna dan tulisan.

Untuk warna, pastikan Anda memilih warna yang sesuai dengan karakter bisnis Anda. Tidak perlu menggunakan warna yang terlalu mencolok agar kartu usaha Anda tetap terkesan elegan.

Begitu juga dengan tulisan, Anda harus memilih ukuran tulisan dan jenis font yang sesuai. Jangan menggunakan lebih dari 2 font untuk memberikan kesan yang minimalis dan sederhana.

 5. Belakang Kartu Tidak Kosong

Tips terakhir, usahakanlah agar kartu nama usaha Anda tidak kosong. Berikan sentuhan-sentuhan akhir yang memberikan kesan baik kepada siapapun yang membacanya.

Anda dapat menambahkan ucapan terima kasih di belakang kartu Anda. Hal ini akan mengesankan keramahan lewat komunikasi dari kartu usaha Anda.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com