Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Lokasi Bisnis Fotokopi yang Berpotensi Ramai Pembeli

Kompas.com - 05/03/2024, 10:00 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bisnis fotokopi masih menjanjikan hingga saat ini. Meskipun sudah banyak tempat yang memiliki fasilitas administrasi sendiri sepeeti mesin printer hingga mesin fotokopi, tetapi secara umum masyarakat tetap membutuhkan jasa fotokopi.

Selain menyediakan layanan print dan menyalin berkas, kamu bisa mengembangkan bisnis ini dengan menjual alat tulis hingga jasa foto latar belakang biru atau merah.

Bisnis fotokopi yang lengkap tentu menarik banyak pembeli. Namun itu semua kurang maksimal jika lokasi yang kamu pilih tidak tepat.

Memilih lokasi sangat berpengaruh dengan kelangsungan bisnis fotokopi, sebab bisnis ini paling ramai di beberapa lokasi tertentu saja.

Berikut adalah lokasi yang perlu kamu ketahui sebelum memulai bisnis fotokopi, seperti yang dilansir dari ukmindonesia.id

1. Lingkungan Kampus

Membuka bisnis fotokopi di dekat kampus tentu berpotensi cuan. Bagaimana tidak, kegiatan di kampus sangat terikat dengan jasa fotokopi.

Baca juga: Kiat Sukses Menjalani Bisnis Fotokopi

Mencetak tugas, menyalin surat administrasi, membeli pulpen, membeli map, dan menjilid laporan adalah rutinitas sehari-hari para mahasiswa.

Bahkan banyak mahasiswa tingkat akhir yang ingin mencetak skripsi memerlukan lembaran kertas yang banyak. Terlebih lagi jika mahasiswanya ada revisi skripsi, pastinya cuan untuk bisnis fotokopimu.

2. Lingkungan Sekolah

Sama seperti lingkungan kampus, membuka usaha di lingkungan sekolah juga menghasilkan keuntungan besar.

Selain murid sekolah, target pasar dari lokasi ini adalah para pengajar. Biasanya guru membutuhkan fotokopi untuk kertas ujian, kuisioner, bahkan membeli kebutuhan kelas seperti spidol.

Selain itu, alat tulis dan kesenian lebih sering dibeli oleh pelajar. Bahkan beberapa keperluan seragam juga bisa dijual di fotokopi. Misalnya dasi dan topi sekolah. Biasanya banyak murid yang membeli dasi dan topi saat lupa membawanya di hari Senin untuk upacara.

Itulah mengapa bisnis fotokopi di lingkungan sekolah memberi banyak keuntungan.

3. Perkantoran

Meskipun saat ini banyak kantor yang memiliki fasilitas printer dan mesin fotokopi, tetapi beberapa karyawan masih membutuhkan jasa fotokopi untuk menghemat waktu dan energi.

Misalnya untuk menyalin proposal dalam jumlah yang banyak, mereka butuh orang lain untuk menyusun dan mengemas kertas menjadi satu.

Baca juga: 5 Tips Sukses Membangun Usaha Fotokopi bagi Pemula

Kalau menggunakan fasilitas kantor mereka harus melakukannya sendiri. Sementara ada opsi menggunakan layanan jasa fotokopi yang praktis dan efisien.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com