Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Berbisnis dari Miliarder Mark Cuban, Punya Passion Salah Satunya

Kompas.com - 10/03/2024, 19:00 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Mark Cuban adalah seorang pebisnis dari Amerika yang kekayaannya bernilai miliaran. Sebelum menjadi seorang miliarder, ia memulai bisnis kecil-kecilan yaitu menjual plastik sampah.

Dengan kecerdasannya, ia dapat mengembangkan sebuah bisnis hingga sukses dan juga terjun ke dalam dunia investasi. Hal tersebut membuat Cuban menjadi orang kaya hingga saat ini.

Baca juga: 4 Tips Penting buat Gen Z yang Mau Jadi Wirausaha Muda

Dilansir dari Forbes, ini beberapa kata-kata yang ia lontarkan, yang ditujukan kepada para pelaku usaha atau wirausaha:

1. Passion Membantu Mendapatkan Keterampilan yang Tepat untuk Menghasilkan Uang

Dalam dunia bisnis menghasilkan uang merupakan hal yang paling diprioritaskan. Namun untuk menghasilkan uang, kamu perlu untuk memiliki keterampilan yang unggul, yang lebih baik dari orang lain.

Untuk mendapatkan keterampilan itu, kamu membutuhkan peran passion atau hal yang dicintai. Seperti tokoh-tokoh terkenal yaitu Steve Jobs dan Bill Gates yang mempelajari teknologi komputer (PC) saat industri PC sedang berkembang. 

Mereka ber-passion akan hal itu dan mengembangkan perusahaannya sendirj yaitu Microsoft dan Apple. Dengan ber-passion, mereka mendapatkan keterampilan dari situ.

2. Passion Membantu Masuk Tren

Kebanyakan pelaku usaha berusaha memasuki tren sebelum industrinya berkembang pesat yang sebenarnya tidak ada kelasan.

Passion membantu memasuki dan mempertaruhkan waktumu ketika tren sedang berlangsung, tetapi karakteristik potensinya belum jelas. 

Beberapa pengusaha mungkin akan menghindari masuk dan menunggu saja. Namun hal itu juga beresiko kamu akan tertinggal dari yang lain.

Baca juga: Cara Sukses Memulai Bisnis, Awali dari Hobi hingga Ikuti Tren

3. Passion Membantu untuk Bertahan dan Menjadi Lebih Baik

Butuh waktu yang tak singkat bagi sebagian besar usaha untuk berhasil. Dilansir dari Forbes, Karl Ulrich (dosen Allen Shockley di Carlson School of Management), menyatakan bahwa perlu waktu sekitar 3 tahun hingga 11 tahun untuk mulai berhasil.

Tak ada yang memakan waktu singkat. Sebelum berhasil, sebagian besar pengusaha akan mengalami kesulitan. 

Di sinilah peran passion. Passion akan membantumu bertahan atau bahkan dapat menjadi lebih baik.

4. Passion akan Membuat Suka untuk Bekerja dengan Waktu yang Lama

Banyak orang menginginkan keseimbangan kehidupan kerja. Cuban merupakan seorang yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sukses.

Tidak semua orang bisa membangun dan menjual perusahaan dalam beberapa bulan atau tahun dengan nilai miliaran dolar, seperti yang dilakukan oleh Cuban.

Kita semua membutuhkan semangat untuk tetap berpegang pada usaha dan berjuang melalui tahun-tahun sulit. Dengan passion, kamu bekerja lebih lama pun akan terasa sangat menyenangkan.

Passion saja tidak akan cukup. Wirausahawan membutuhkan semangat untuk mendapatkan keterampilan, apalagi saat kamu memasuki masa suram industri yang sedang berkembang, bertahan di industri tersebut.

Baca juga: Kenali Sifat Seorang Wirausaha, Apa Kamu Termasuk?

Passion memang syarat yang diperlukan, tetapi itu bukanlah syarat yang cukup. Kunci bagi sebagian besar miliarder seperti Cuban adalah mendapatkan keterampilan di bidang yang mereka minati dan memasuki tren yang sedang berkembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com