Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Pola Pikir Prajurit Spartan yang Bisa Dicontoh Dalam Berbisnis

Kompas.com - 08/04/2024, 20:48 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

Sumber Forbes

KOMPAS.com – Kamu pasti tidak asing lagi dengan kaum ‘Spartan’. Spartan merupakan masyarakat pejuang Yunani kuno yang terkenal karena tekadnya. Para prajurit Spartan itu berusaha menahan serbuan orang Persia dalam pertempuran Thermopylae.

Gaya hidup Spartan ditandai oleh pelatihan militer yang intens sejak usia dini untuk pria dan tingkat kesederhanaan yang ekstrem. Para prajurit Spartan telah menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang selama berabad-abad.

Baca juga: 7 Pola Pikir Wirausaha yang Harus Diterapkan untuk Mencapai Kesuksesan

Namun, bukan hanya di medan perang prinsip-prinsip Spartan itu berlaku, melainkan mereka juga memiliki relevansi yang kuat dalam dunia modern, khususnya dunia bisnis.

Dengan mengadopsi pola pikir Spartan, kamu dapat membentuk fondasi yang kuat untuk kesuksesan bisnis.

Ingatlah bahwa kekuatan sejati tidak hanya berasal dari kemampuan fisik, tetapi juga dari kekuatan mental dan spiritual. Dilansir dari Forbes, berikut tiga pola pikir Spartan yang dapat kamu terapkan pada bisnis Anda;

1. Kesederhanaan dalam Operasional dan Strategi Bisnis

Bangsa Spartan terkenal menjalani kehidupan yang terlampau sederhana dengan fokus mendidik anak laki-laki untuk hidup hemat dan hanya mengonsumsi apa yang mereka butuhkan. Kesederhanaan dalam bisnis merupakan hal yang sangat penting.

Banyak bisnis di luar sana yang menjadi gemuk dengan limbah dan tujuan dengan arah yang tidak jelas untuk bisnis mereka.

Sangat penting bagi pemimpin bisnis, baik pemilik maupun pimpinan senior, untuk menilai seberapa efisien perusahaanmu berjalan dan apakah ada area perusahaan yang dapat lebih disederhanakan.

Usahakan kamu meninjaunya selalu. Paling tidak tiga bulan sekali agar proses operasional bisnismu efektif dan efisien, tanpa mengeluarkan energi atau tenaga yang tidak perlu.

2. Budaya Displin saat Bekerja

Spartan terkenal dengan budaya disiplinnya. Mereka terlibat secara kolektif untuk membangun ikatan antara militer dan bekerja untuk mencapai tujuan mereka secara harmonis.

Bisnis merupakan kegiatan bersama-sama, bukan satu orang untuk mencapai satu tujuan yaitu sukses.

Menetapkan standar kinerja yang tinggi bagi karyawanmu dan membiarkan mereka memiliki tanggung jawab atas tugasnya adalah cara yang bagus untuk mendisiplinkan mereka, asalkan kamu memberikan mereka alat dan dukungan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Selain keterampilan motivasi karyawan, kamu harus menerapkan sistem manajemen kinerja untuk melacak dan memantau hasil kerja karyawan. Jika mereka melakukan pekerjaan yang baik, kamu harus memberikan mereka apresiasi.

3. Meningkatkan Kekuatan Kinerja Tim

Para Spartan sangat tangguh dan bekerja dengan baik individu maupun kelompok. Menurut Sejarah tidak ada seorang prajurit yang dianggap lebih unggul dari prajurit lainnya. Mereka semua sangat terampil dan kuat.

Baca juga: 5 Sifat yang Harus Anda Punya Sebelum Memulai Bisnis

Membangun ketahanan tim berasal dari menciptakan budaya di dalam bisnismu dan karyawan bekerja bersama untuk mengatasi tantangan bersama. Cara pertama untuk membangun ketahanan dalam tenaga kerjamu adalah dengan memiliki peran yang jelas.

Ketika masalah muncul, harus ada komando transparan dan tanggung jawab yang telah ditetapkan untuk mencegah masalah menjadi tidak jelas karena kurangnya kejelasan tentang siapa yang seharusnya menangani situasi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com