Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Sifat yang Harus Anda Punya Sebelum Memulai Bisnis

Kompas.com - 21/03/2024, 09:08 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memulai bisnis bisa dilakukan oleh semua orang. Meski demikian, hanya beberapa yang sukses membangun bisnisnya hingga sukses.

Wirausahawan sukses itu memiliki ciri-ciri kepribadian atau sifat tertentu yang membantu mereka mengatasi tantangan saat menjalankan bisnis. Ada baiknya sebelum Anda memulai bisnis, Anda mencontoh sifat-sifat tersebut.

Baca juga: Kenali Sifat Seorang Wirausaha, Apa Kamu Termasuk?

Sebelum Anda memutuskan untuk melangkah ke dunia bisnis, ada beberapa sifat yang harus Anda miliki untuk membantu Anda berhasil. Dilansir dari Business News Daily, berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Sifat Persuasif

Salah satu tanda kunci dari seorang wirausaha adalah kemampuan mereka untuk menjual ide dan membujuk orang lain untuk menyetujui tujuan mereka. Bisnis adalah tentang bagaimana menjelaskan bahwa Anda memerlukan produk tersebut.

Seorang wirausaha harus bersifat persuasif. Mereka tidak takut pada siapa yang akan mereka dekati untuk mempresentasikan ide, layanan, atau produk mereka.

2. Optimis

Sikap positif dan optimisme sangat penting bagi wirausahawan yang ingin membangun bisnisnya dan sukses. Bahkan dalam situasi terburuk sekalipun, wirausahawan sukses selalu melihat peluang untuk mendapatkan sesuatu yang baru.

Sifat ini diperlukan ketika Anda mengalami suatu masalah. Wirausaha yang memiliki keoptimisan maksimal akan tetap tenang dan mengetahui bahwa ada pelajaran yang bisa dipetik

Orang optimis akan melihat peluang dalam segala hal, sedangkan orang lain hanya melihat atau takut akan kegagalan.

3. Kreatif

Memulai bisnis memerlukan pemikiran kreatif yang terus-menerus, sehingga memang pikiran seorang wirausaha itu selalu bekerja.

Kreatif akan sangat berguna untuk Anda dalam menentukan apa yang ingin Anda jual. Berbeda dengan bisnis lain adalah bisnis yang berhasil dibangun oleh wirausahawan kreatif.
Tidak hanya dalam produk, tetapi dalam menjalankan operasional bisnisnya, seperti pemasaran, dan lain sebagainya.

Baca juga: 5 Sifat Buruk yang Justru Dibutuhkan jika Ingin jadi Pengusaha

4. Adaptif

Kemampuan beradaptasi berkaitan erat dengan ketahanan. Kemampuan beradaptasi merupakan kunci keberhasilan bisnis pada umumnya dan kewirausahaan pada khususnya.

Memulai suatu bisnis merupakan hal yang tidak pasti, karena Anda tidak akan mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan. Maka dari itu, Anda harus selalu siap menyesuaikan dengan lingkungan dan tren.

Tantangan, hambatan, dan kendala merupakan hal yang sering Anda temui. Dengan adaptif, Anda akan selalu dapat menyesuaikan usaha Anda dengan hal-hal itu.

5. Berani Mengambil Keputusan

Wirausahawan dapat membuat keputusan dan bertindak dengan percaya diri. Hal itu dapat Anda lakukan jika mempunyai keberanian dan keyakinan yang tinggi.

Sebelum terjun ke dalam dunia bisnis, Anda harus mempunyai sikap berani dalam mengambil keputusan. Keputusan kecil atau besar sekalipun mempunyai resiko dan konsekuensi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com