Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Ide Usaha Takjil dari Buah-buahan yang Berpotensi Cuan di Bulan Ramadan

Kompas.com - 20/03/2024, 11:05 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Takjil adalah makanan ringan yang dikonsumsi untuk berbuka puasa. Umumnya, takjil berupa makanan ringan, baik itu asin atau manis.

Salah satu bahan dasar yang cocok untuk dijadikan takjil adalah buah, karena selain rasanya manis, buah juga menyegarkan dan bisa membantu melepas dahaga setelah seharian berpuasa.

Hal ini membuat takjil banyak dilirik pelaku usaha, sebagai peluang menghasilkan cuan di bulan Ramadan.

Baca juga: Kisah Farhan, Mantan Karyawan Kantoran yang Kini Punya Tiga Outlet Jus

Salah satu pelaku usaha yang memanfaatkan peluang ini adalah Farhan, owner King Juice Farhan yang terletak di Jalan Malabar Ujung Kota Bogor.

Pria berusia 24 tahun ini mengungkap, meski saat Ramadan jam operasional King Juice Farhan dimulai menjelang sore, penjualan tetap ramai, apalagi mendekati waktu berbuka.

King Juice Farhan salah satu bisnis FnB di yang berjualan aneka jus juga tetap ramai pembeli, meskipun di bulan Ramadhan jam operasionalnya menjelang sore saja.

Bagi kamu yang tertarik memulai bisnis takjil di bulan Ramadan, Farhan membagikan tiga ide usaha takjil dari buah-buahan yang berpotensi cuan di bulan Ramadhan, karena ketiga takjil ini dijamin laris manis.

1. Jus Buah

Minuman dari olahan buah yang paling sering ditemui adalah jus buah. Rasanya yang segar, manis, dan dingin banyak dicari orang untuk berbuka puasa.

Seain itu, takjil jus buah asli yang kaya vitamin juga baik untuk kesehatan, sehingga cocok dikonsumsi setelah seharian menahan haus dan lapar.

Untuk memeperkaya rasa, kamu bisa menjual aneka jus buah segar yang dikreasikan dengan susu atau coklat. 

Baca juga: Hambatan yang Kerap Dialami Pengusaha Jus, Apa Saja?

2. Salad Buah

Selain jus, salad buah juga menjadi takjil yang digemari di bulan Ramadan. Berbeda dengan jus buah yang hanya terdiri dari satu macam buah dalam satu gelas, salad buah biasanya berisi beraneka ragam potongan buah dalam satu wadah.

Perpaduan antara potongan buah, mayonaise, susu kental manis, dan parutan keju yang disajikan dingin, sangat menggugah selera untuk dinikmati saat berbuka puasa.

3. Sop Buah

Hampir sama seperti salad buah, tapi sop buah memiliki sensasi yang berbeda. Sop buah terasa lebih segar, karena berisi buah-buahan yang dipadukan dengan sirop manis dan es batu.

Sop buah seakan menjadi takjil yang komplit untuk berbuka puasa, karena dapat dimakan dan diminum di satu waktu bersamaan. Potongan buah segar bisa dimakan dan sirop manis yang menjadi kuahnya bisa diminum untuk melepas dahaga.

Itu dia 3 kreasi takjil dari buah-buahan yang bisa kamu coba sebagai ide usaha di bulan Ramadan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com