Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Mendirikan Bisnis Kopi? Simak Tips dari Owner Kopi Legendaris Tjap Teko

Kompas.com - 09/04/2024, 20:00 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini banyak sekali bisnis kopi yang berseliweran. Hal itu menandakan bahwa peluang bisnis kopi cukup tinggi.

Mendirikan bisnis kopi bisa menjadi langkah yang menarik dan menguntungkan, terutama dengan minat masyarakat yang terus meningkat terhadap budaya kopi.

Namun untuk memulai bisnis kopi, kamu perlu membaca dan mengetahui tips dari owner Kopi Tjap Teko, Agus Sudardji dan Jo Nicholas Agus yang telah sukses membangun bisnis kopi legendaris tahun 1960 dan masih eksis hingga saat ini. 

Baca juga: Kisah di Balik Kopi Tjap Teko, Si Legedaris Lintas Generasi

Berikut adalah beberapa tips dari owner Kopi Tjap Teko tersebut untuk kamu yang ingin memulai bisnis kopi:

1. Rasa Kopi Harus Matang

Owner Kopi Tjap Teko menegaskan bahwa sebelum memasarkan ke masyarakat, rasa kopi Anda sudah matang. Dalam artian sudah enak, pas, cocok, dan sesuai standar bisnismu.

Maka dari itu, sebelum memulai bisnis kopi, penting untuk memiliki pengetahuan yang mendalam tentang kopi. Pelajari berbagai jenis kopi, proses pembuatan kopi, rasa, dan tren industri kopi saat ini.

Kamu juga perlu memiliki pengetahuan pada biji kopi yang akan digunakan. Karena kualitas biji kopi sangat mempengaruhi cita rasa minuman kopi yang dihasilkan.

Memiliki pengetahuan yang kuat tentang kopi akan membantumu dalam menghasilkan produk kopi berkualitas dan memenuhi ekspektasi pelanggan. Maka penting untuk mematangkan rasa kopimu terlebih dahulu sebelum dijual.

2. Konsisten dalam Rasa Kopinya

Bisnis kopi yang sudah besar dan stabil di luar sana sudah memiliki rasa yang konsisten pada kopinya, contohnya Starbucks, Kopi Kenangan, Janji Jiwa dan yang lainnya. Tak kalah dengan merek besar itu, Kopi Tjap Teko juga sudah konsisten dalam rasa kopinya.

Sudah berjalan selama lebih dari 40 tahun dan turun temurun selama tiga generasi, rahasia Kopi Tjap Teko masih menjadi favorit adalah karena rasanya yang konsisten. Hal ini dikarenakan mereka mempunyai resep atau standar yang harus dipenuhi saat memproduksi kopi. 

Baca juga: Cerita Teuku Bawadi Memulai Bisnis Kopi karena Suka Traveling

3. Eksperimen atau Inovasi Kopi

Tetaplah selalu berinovasi dalam bisnis kopimu. Ciptakan menu kopi yang unik dan kreatif yang bisnis toko kopi lain tidak memilikinya. 

Kamu bisa memperkenalkan varian rasa baru atau adopsi teknik brewing, roasting, dan lainnya yang inovatif. Inovasi akan membantumu tetap relevan di pasar yang kompetitif dan menarik minat pelanggan baru. Misalnya, kamu bisa menjual kopi dengan rasa baru yaitu gula aren atau klepon.

4. Riset Pasar

Sebelum membuka bisnis kopi, kamu wajib untuk meriset kopi apa yang menjadi kesukaan masyarakat. Jika masyarakat menyukai kopi susu gula aren, maka kamu perlu untuk membuat kopi itu pada menu.

Jadi, bisnis kopi itu harus fleksibel dan mengikuti arah tren pasar. Hal ini harus dilakukan agar bisnis kopimu selalu menjadi favorit bagi pelanggan.

Baca juga: 6 Tips Membangun Bisnis Coffee Shop yang Berpotensi Cuan

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com