Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu yang Tepat Merekrut Karyawan untuk Usaha Anda?

Kompas.com - 28/04/2024, 10:05 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai seorang wirausaha, ada banyak hal selain penjualan produk yang juga harus Anda pikirkan. Salah satunya, kapan saat yang tepat untuk merekrut karyawan pertama Anda?

Pada suatu titik, Anda mungkin menyadari bahwa sudah waktunya untuk merekrut orang lain masuk ke dalam bisnis Anda, untuk membantu mencapai visi, misi Anda, serta mengembangkan bisnis yang Anda jalankan.

Baca juga: 5 Hal Penting Diketahui Sebelum Merekrut Karyawan untuk UMKM

Namun, pada saat yang sama, bisa menjadi sebuah tantangan yang cukup berat. Bagaimana jika karyawan baru itu tidak berhasil menjalankan tugas dan tanggung jawabnya?

Bisnis, apalagi itu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), perlu bertumbuh dan berkembang. Anda tidak bisa melakukan semuanya sendirian.

Maka dari itu, ada beberapa waktu yang tepat untuk Anda merekrut karyawan, untuk bekerja pada usaha Anda.

1. Saat Pekerjaan Anda Sudah Berlebih

Biasanya para pelaku UMKM masih bekerja sendirian. Seiring berkembangnya UMKM, tentu aktivitas atau pekerjaan di dalamnya akan semakin bertambah dan Anda tidak bisa mengerjakannya seorang diri lagi.

Jika Anda telah memiliki banyak pekerjaan dan Anda tidak dapat menanganinya sendiri secara manusiawi, maka itulah waktu yang tepat untuk merekrut karyawan pertama Anda.

Pastikan mereka bisa bekerja sesuai yang Anda harapkan, sebagaimana Anda bekerja untuk bisnis Anda.

2. Saat Anda Tahu, Apa yang Harus Dibebankan 

Di saat Anda telah memiliki seperangkat tugas, beban, dan harapan yang sudah ditentukan untuk perekrutan karyawan, maka ini juga merupakan waktu yang tepat.

Sebaliknya, jika Anda tidak tahu persis bagian apa yang akan mereka kerjakan (setelah direkrut), maka Anda belum perlu merekrut karyawan.

Semisal bisnis Anda perlu pengetahuan atau bantuan, tetapi Anda tidak tahu persis seperti apa, Anda perlu merekrut seorang professional untuk memberikan arahan. Bukan merekrut karyawan atau tenaga kerja baru.

Baca juga: 3 Cara Merekrut Karyawan Potensial untuk Bisnis Anda

3. Saat Anda Tahu Keterampilan Apa yang Dibutuhkan 

Keterampilan yang dimiliki seorang karyawan, akan menentukan kemajuan perusahaan tempat di mana ia bekerja. Karyawan tersebut akan menggunakan keterampilan itu untuk bisnis tersebut.

Mak,a jika Anda telah mengetahui keterampilan yang dipunyai seseorang dan Anda membutuhkan itu untuk bisnis Anda, segeralah merekrutnya.

Sebagai contoh, dikarenakan saat ini sedang populer pemasaran lewat media sosial, maka Anda merasa membutuhkan keterampilan itu.

Di saat seperti ini, Anda bisa merekrut seseorang untuk mengurus media sosial bisnis Anda atau seorang desain grafis untuk membuat konten-konten di akun usaha Anda.

Baca juga: Jangan Lakukan 4 Kesalahan Ini Saat Merekrut Karyawan untuk Bisnis Anda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com