Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 UMKM Unggulan Binaan PHR Ramaikan Karya Nyata Festival Pekanbaru

Kompas.com - 02/05/2024, 16:50 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) hadirkan UMKM binaan pada acara Karya Nyata Festival (KNF) Vol.6 di Pekanbaru, Minggu-Selasa (26-28/4/2024).

Dalam event tersebut, PHR menghadirkan lima UMKM unggulan yaitu Bank Sampah Ibnu Al Mubarok, Andy's Ice Cream, Usaha Icik Meri (Takoyaki JanMur), Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) F&B, dan Tambul Lomak.

"UMKM unggulan kami yang hadir dalam KNF itu sebagai contoh kegiatan penggerak ekonomi yang bisa berkembang. Terutama di Provinsi Riau," ungkap Corporate Secretary PHR, Rudi Ariffianto dalam keterangan resminya, Rabu (1/5/2024).

Baca juga: Pertamina Berdayakan Perempuan untuk Kembangkan Produk Ramah Lingkungan

Rudi mengatakan bahwa UMKM binaan tersebut adalah upaya PHR untuk pemberdayaan ekonomi yang berfokus pada peningkatan pendapatan masyarakat.

Selama ini, bentuk pembinaan yang sudah dilakukan yaitu berupa pemberian alat pendukung, peningkatan kualitas SDM, dan pemasaran produk. 

"Dengan dukungan ini diharapkan UMKM dapat semakin berkembang dan naik kelas," kata Rudi.

Baca juga: Pertamina Telah Menyalurkan Kredit Bergulir hingga Rp 141,9 Miliar kepada 5.116 Pelaku UMKM Sepanjang 2023

Selain menghadirkan lima UMKM unggulan, PHR juga meramaikan KNF dengan mengirimkan pekerja Pertamina untuk menjadi pembicara dalam program Dialog Bisnis. Program ini membicarakan pemasaran dan dunia usaha. 

"Para Perwira (pekerja Pertamina) ini berbagi ilmu dan pengalaman mereka pada para pengunjung dan peserta KNF. Supaya bisa menjadi masukan bagi para pemilik UMKM yang hadir," ucap Rudi. 

Kemudian saat penutupan kegiatan KNF Vol. 6 Pekanbaru, PHR meresmikan Rumah BUMN Pekanbaru. Diharapkan Rumah BUMN Pekanbaru mampu memberdayakan UMKM lokal. Ada 3.200 UMKM lokal yang telah dinaungi oleh program ini.

Baca juga: UMKM Binaan Pertamina Hadir di Pameran Wisata Terbesar di Belanda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com