Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Mengapa Bisnis Masih Membutuhkan Kartu Nama

Kompas.com - 12/05/2024, 19:00 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Banyak orang berpikir bahwa kartu nama bisnis di era digital sudah tidak relevan lagi. Banyak dari mereka berpikir bahwa kartu nama merupakan hal yang ketinggalan zaman dan hanya menjadi sampah yang dibuang pada akhirnya.

Namun, pemikiran yang menganggap bahwa kartu nama tidak penting adalah kesalahan besar. Kartu nama masih sangat dibutuhkan bagi sebuah bisnis.

Baca juga: 5 Tips Membuat Kartu Nama Usaha Agar Menarik Perhatian

Meskipun kecanggihan teknologi telah mengubah cara kita berkomunikasi dan dalam berelasi, kartu nama tetap merupakan alat yang penting dalam membangun hubungan bisnis, antara pelaku dengan pembeli ataupun stakeholder lainnya.

Dilansir dari The Balance, berikut akan dijabarkan mengapa Anda masih membutuhkan kartu nama untuk bisnis Anda:

1. Mudah, Simpel, dan Praktis

Kartu nama mencakup nama Anda sebagai owner, nama bisnis Anda, lokasi, media sosial, serta informasi-informasi penting lainnya. Kartu nama akan memudahkan pelanggan atau stakeholder lain mengetahui bisnis Anda dengan cepat.

Memberikan kartu nama dan membiarkan mereka membaca atau menyimpannya, merupakan hal yang praktis bagi kedua belah pihak. Kartu nama juga tidak akan memaksa mereka untuk mengetahuinya saat itu juga, mereka bisa mencari tahunya kapan saja jika telah menyimpannya.

2. Selalu Tersedia

Tidak selalu dalam suatu tempat sinyal bagus dan tidak selalu seseorang memiliki kuota internet, karena mereka rutin menggunakan wifi. Terkadang juga orang tidak selalu membawa ponsel mereka saat pergi ke suatu tempat, karena mereka melupakannya.

Kartu nama adalah jalan yang tepat dan tak perlu menggunakan, ponsel, sinyal, ataupun kuota. Kartu nama akan selalu tersedia dengan membacanya saja. Kartu nama menargetkan orang tua di luar sana yang tidak membawa ponselnya saat keluar rumah.

3. Terkesan Profesional

Kartu nama merupakan simbol profesionalisme dalam bisnis. Maka, bisnis, terutama UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), akan terkesan profesional jika mereka memiliki kartu nama.

Kartu nama menunjukkan bahwa Anda serius dalam bisnis Anda dan memberikan kesan yang positif tentang kepercayaan dan kredibilitas. Jadi mereka tidak segan ataupun ragu untuk bekerja sama dengan Anda.

4. Membantu Mempromosikan Bisnis

Salah satu cara mempromosikan usaha kecil adalah dengan memberikan kartu nama. Kartu nama masih dianggap efektif untuk memasarkan bisnis hingga saat ini.

Baca juga: Pahami Fungsi dan Cara Membuat Kartu Nama yang Sesuai untuk UMKM

Selain mencantumkan informasi kontak, Anda juga bisa mencantumkan slogan atau tagline singkat yang mencerminkan nilai atau keunggulan bisnis Anda. Dengan begitu, setiap kali seseorang melihat kartu nama Anda, mereka akan teringat akan bisnis Anda dan pesan-pesan kunci yang ingin Anda sampaikan.

5. Peluang Networking yang Tinggi

Jika Anda memiliki toko fisik di suatu wilayah ataupun hanya sekedar pameran-pameran, Anda akan sangat membutuhkan kartu nama bisnis Anda.

Pameran tidak hanya didatangi oleh pembeli, tetapi banyak pemangku kepentingan yang mengunjungi pameran tersebut. Jika mereka tertarik dengan bisnis Anda, mereka pasti akan meminta kartu nama Anda.

Mereka tidak hanya meminta kartu nama karena ingin membeli, mereka bisa merekomendasikan bisnis Anda atau bahkan merekrut bisnis Anda menjadi usaha binaan instansi mereka.

Bayangkan jika Anda tidak mempunyai kartu nama? Anda akan kehilangan kesempatan kerja sama yang baik di masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com