Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan UMKM Harus Punya Logo, Pelaku Usaha Harus Tahu

Kompas.com - 23/02/2024, 11:25 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di era digital yang semakin maju, branding menjadi satu hal yang tidak boleh diabaikan dalam bisnis, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Salah satu komponen penting dalam upaya branding adalah memiliki logo yang memikat dan kuat.

Menurut jurnal ekonomi dan ekonomi syariah, suatu usaha dapat diwakili dalam sebuah logo, baik melalui nama perusahaan, satu atau beberapa kata, atau kombinasi keduanya, yang dapat berbentuk huruf atau simbol. Singkatnya, logo merupakan lambang dari identitas bisnis.

Baca juga: 5 Panduan Membuat Logo Usaha untuk UMKM

Logo yang sempurna juga diharapkan dapat berfungsi sebagai alat untuk menciptakan nilai tambah yang dapat mengekspresikan citra yang terhormat dan tulus. 

Berikut ini beberapa alasan penting mengapa logo menjadi elemen penting dalam strategi branding UMKM.

1. Identitas Usaha

Salah satu aspek yang menyoroti pentingnya logo bagi sebuah perusahaan adalah kemampuannya dalam mencerminkan identitas perusahaan.

Sebagai representasi dari perusahaan, logo juga memberikan gambaran tentang cara perusahaan berinteraksi dengan pelanggannya.

Suatu usaha akan dikenali oleh konsumennya melalui logo yang digunakan. Hal ini dikarenakan, logo menjadi representasi visual dari identitas perusahaan itu sendiri.

Dengan melihat logo, konsumen dapat mengidentifikasi berbagai produk atau layanan yang ditawarkan.

Lebih dari itu, keberadaan logo juga memberikan indikasi kepada konsumen, mengenai citra yang ingin ditampilkan oleh perusahaan. Logo secara tidak langsung menyampaikan pesan tentang karakter perusahaan.

 

2. Pengenalan Merek dan Penguatan Citra Merk

Logo yang memiliki kekuatan dan popularitas dapat membantu membangun kesan di pikiran pelanggan, sehingga membuat mereka lebih mudah untuk mengenal, mengingat, dan mengidentifikasi bisnis Anda.

Penggunaan logo yang konsisten dan terintegrasi dengan baik dalam semua materi pemasaran dan komunikasi, juga akan dapat meningkatkan citra merek usaha Anda.

Ketika pelanggan melihat logo Anda secara konsisten di berbagai platform dan media, mereka akan lebih terhubung dengan merek Anda dan memperkuat citra merek bisnis Anda.

Baca juga: Cara Membuat Logo Bisnis yang Mudah Diingat

3. Memberikan Kesan Awal yang Profesional

Logo yang dibuat dengan baik, mampu memberikan kesan bahwa bisnis Anda profesional. Hal ini disebabkan oleh kemampuan logo untuk mencerminkan tingkat keseriusan dan dedikasi Anda terhadap bisnis Anda.

Dengan kesan profesional, pelanggan akan merasa lebih percaya dan nyaman untuk melakukan transaksi dengan bisnis Anda.

4. Memudahkan Pemasaran Usaha

Sebuah logo yang kuat bisa menjadi sarana pemasaran yang efektif. Anda dapat memanfaatkan logo Anda dalam berbagai materi promosi seperti brosur, spanduk, situs web, media sosial, dan lainnya.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com