Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Tangerang Siapkan Bantuan Modal Usaha Rp25 Juta untuk Pelaku UMKM

Kompas.com - 03/06/2024, 16:52 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

Sumber Antara

TANGERANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten, menyiapkan bantuan modal usaha sebesar Rp25 juta untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayahnya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang, Anna Ratna mengatakan bantuan modal tersebut dipergunakan sebagai pinjaman kepada pelaku UMKM yang sudah bergerak selama enam bulan.

"Memberikan pinjaman kepada UMKM, maksimal pinjaman sebesar Rp25 juta, dengan syarat mereka harus sudah menjalankan usahanya selama 6 bulan," kata Ratna seperti dilansir dari Antara pada Senin (3/6/2024).

Ia mengungkapkan, pemberian modal usaha untuk mendukung pengembangan UMKM agar dapat bersaing di kancah nasional bahkan internasional.

Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten Tangerang juga terus berinovasi memberikan bantuan pemasaran produk baik online ataupun ofline dan mengikutkannya dalam pameran-pameran yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dan pusat.

"Untuk pemasaran produk, kami bantu secara offline melalui pameran-pameran, tapi juga online. Sekarang, kami melakukan integrasi sistem melalui Rumah Sikum (Rumahnya Dinas Koperasi dan Usaha Mikro). Dalam aplikasi ini, ada koperasi, ada usaha mikro, ada pengembangan yang kami lakukan di situ, salah satunya adalah penjualan secara online," ujar Ratna.

Baca juga: Pasarkan Produk UMKM, Pemkot Tangerang Kerjasama dengan Tiga Hotel

Ia menyebutkan saat ini jumlah pelaku UMKM di bawah naungan Dinas Koperasi terdapat 61.011 UMKM, meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, yang 25.900 UMKM.

"Dengan pertumbuhan usaha mikro yang terus meningkat, maka kami berupaya terus memberikan dukungan," tambah Ratna.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid menambahkan dalam kurun waktu 10 tahun (2014-2024), pihaknya telah mengucurkan dana sebesar Rp270 miliar untuk meningkatkan dan mengembangkan UMKM di wilayahnya.

"Sasarannya adalah seluruh koperasi dan usaha mikro yang ada di Kabupaten Tangerang," ungkap Ratna.

Ia pun berharap UMKM di Kabupaten Tangerang bisa terus mengalami peningkatan. Pasalnya, UMKM memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian rakyat di Kabupaten Tangerang.

"Ketika UMKM tumbuh, tentunya dapat membuka lapangan pekerjaan, walaupun tidak signifikan," pungkas Ratna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com