Kompetensi Guru Ekonomi Perlu Diperkuat untuk Siapkan Siswa dan UMKM Hadapi Era Digital

Kompas.com - 08/02/2022, 14:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia telah menjadi salah satu raksasa ekonomi digital di kawasan Asia, dan hal itu banyak ditopang oleh UMKM.

Meskipun Indonesia telah menjadi raksasa ekonomi, namun belum banyak guru mata pelajaran Ekonomi yang benar-benar paham mengenai perekonomian digital yang berbeda dengan perekonomian konvensional.

Founder Rumah Perubahan Rhenald Kasali mengatakan, perubahan peta perekonomian ini harus dipahami sejak dini oleh para siswa di bangku sekolah. Tujuannya, agar siswa memiliki bekal memadai saat memasuki dunia baru ini.

“Karena itu, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membekali guru dengan kompetensi digital, supaya kompetensi itu bisa diajarkan kepada para siswa,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (8/2/2022).

Menurut Rhenald, guru menjadi pintu masuk yang efektif untuk menyebarkan kompetensi digital kepada siswa, terutama untuk pelajar pada jenjang SMA, SMK, dan sederajat. Dengan demikian, para siswa akan memiliki pemahaman mengenai perekonomian digital, termasuk ketika mereka mulai menjalankan usaha.

“Kita tidak dituntut untuk berubah, tapi kita dituntut untuk relevan pada zamannya,” jelasnya.

Sementara itu, Corporate Secretary BNI Mucharom menambahkan, pengembangan kompetensi digital untuk para guru sejalan dengan komitmen BNI dalam memajukan ekosistem dunia pendidikan di Indonesia.

“Untuk itu kami pun mendukung program yang dikembangkan Rumah Perubahan dan Alibaba, sebagai bagian dari implementasi salah satu misi Perseroan, yaitu Memberikan layanan prima dan solusi digital kepada seluruh Nasabah selaku Mitra Bisnis pilihan utama,” ujarnya.

Terkait dengan peningkatan pemahaman mengenai ekonomi digital, Rumah Perubahan, Alibaba Business School, dan BNI menginisiasi program Global Digital Talent (GDT) untuk para guru mata pelajaran ekonomi dari berbagai wilayah di Indonesia.

Mahir Academy digandeng sebagai partner dalam pelaksanaan program dengan sertifikasi internasional yang dijalankan pada periode Desember 2021 hingga Januari 2022 ini.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.