Menteri Bahlil Minta Pemerintah Daerah Tingkatkan Investasi UMKM

Kompas.com - 16/02/2022, 19:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Investasi Bahlil Lahadalia meminta seluruh pemerintah daerah untuk mendorong peningkatan serapan modal sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Investasi yang diurus jangan yang besar saja. UMKM juga harus kita urus karena UMKM ini penting," ujar Bahlil dalam acara penghargaan atas capaian realisasi investasi 2021 di Jakarta, Rabu seperti dikutip dari Antara.

Bahlil mengatakan, sektor UMKM berkontribusi sebanyak 60 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Menurutnya, sebanyak 99,7 persen dari total populasi usaha dalam negeri ada di UMKM yang jumlahnya mencapai 64,3 juta unit.

"Cuma credit lending kita ke UMKM ini kecil belum sampai 20 persen, karena sebagai besar dari mereka ini informal," ujar Bahlil.

"Tugas kita adalah memformalkan mereka dengan OSS," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Bahlil memberikan penghargaan kepada 17 daerah yang berhasil mencapai realisasi investasi tertinggi pada 2021.

Ada 10 kabupaten/kota yang merah penghargaan itu, yakini Gresik, Cilegon, Balikpapan, Konawe, Mimika, Karawang, Morowali, Halmahera Tengah, Surabaya, Bekasi.

Kemudian, ada tujuh provinsi yang mencatat angka realisasi investasi tertinggi pada 2021, yakni Maluku Utara, Jawa Tengah, Riau, Banten, Jawa Timur, Jakarta, Jawa Barat.

Sepanjang 2021, Kementerian Investasi mencatat realisasi investasi sebesar Rp902 triliun dan penyerapan tenaga kerja Indonesia sebanyak 1,2 juta orang.

Angka penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp447 triliun atau 49,6 persen dan penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp454 triliun atau 50,4 persen.

Adapun realisasi investasi di luar Jawa Rp468,2 triliun atau setara 52 persen. Sedangkan, realisasi investasi di Pulau Jawa Rp432,8 triliun atau 48 persen.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.