Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Jalankan Bisnis Waralaba? Pahami Tips Ini

Kompas.com - 17/02/2022, 09:39 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Usaha franchise atau waralaba adalah bentuk kerja sama usaha antara pemilik merk dagang, produk, atau sistem operasional.

Dalam model bisnis yang berjalan, bisnis franchise memiliki dua buah elemen tetap, yaitu franchisor sebagai pemilik bisnis atau pemberi izin bisnis waralaba dan franchisee yang merupakan pembeli izin bisnis waralaba.

Mengutip website www.cimbniaga.co.id menjalankan bisnis franchise menawarkan berbagai keuntungan.

Baca juga: Kerajinan Perak Buatan Bantul Diminati Para Delegasi G20

 

Apa saja keuntungannya?

Branding bagi Franchisor

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh usaha franchise adalah kuatnya brand awareness dari merek yang kamu kembangkan. Ketika ada partner yang membeli brand kita (franchisee), mereka tentu ikut mempromosikan brand yang telah dibelinya. 

Karenanya kamu tidak perlu repot-repot mempersiapkan anggaran promosi. Dengan urusan promosi yang sudah lebih dulu teratasi, maka kamu hanya perlu menjalankan strategi bisnis yang sudah disiapkan.

Kemudahan manajemen keuangan bagi Franchisee

Bagi franchisee, manajemen keuangan akan lebih mudah karena sistem operasional yang sudah ditentukan oleh franchisor. Sistem operasional dan manajemen keuangan ini biasanya sudah teruji berhasil dengan berkembangnya bisnis waralaba di berbagai lokasi lainnya.

Strategi Mengembangkan Usaha Franchise

Bagaimanapun, menjalankan usaha franchise bukanlah sebuah jalan pintas. Karena itu kamu perlu menemukan langkah-langkah yang tepat dalam menjalani salah satu jenis usaha ini dengan cermat dan teliti untuk bisa meraih kesuksesan.

Berikut adalah beberapa tips atau langkah yang bisa Anda terapkan selama menjalani usaha waralaba ini:

Memilih bisnis yang tepat

Sama halnya dengan lanskap bisnis secara umum, usaha franchise terbuka untuk berbagai macam jenis peluang usaha.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menguasai informasi dan pengetahuan dalam menjalankan bisnis di lanskap tersebut.

Dengan memahami secara mendalam dalam menjalani bisnis, Anda akan bisa lebih cermat dalam mengambil keputusan untuk mengembangkan bisnis Anda di masa depan. Bahkan untuk usaha franchise sekalipun.

Perhitungkan lokasi

Lokasi menjadi salah satu aspek yang cukup penting dalam menjalankan bisnis, begitu pun untuk usaha franchise. Lokasi yang strategis akan memberi kemudahan dalam menjaring pelanggan lebih baik.

Lokasi strategis ini bukan hanya datang dari padatnya penduduk saja. Tapi juga bisa dilihat dari perkembangan ekonomi lingkungan sekitar. Dengan banyaknya ragam pilihan usaha, maka bisa jadi indikasi bahwa masyarakat sekitar memiliki daya beli yang cukup kompetitif.

Namun perlu Anda pahami, dengan lokasi strategis, tentu Anda akan memiliki banyak saingan.

Pastikan untuk menghadirkan hal yang unik dan berbeda, sehingga tidak hanya dapat menarik perhatian sesaat, tapi juga memenuhi kebutuhan pelanggan dalam lingkup kesehariannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com