Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Ekosistem, Shopee akan Lebih Banyak Libatkan UMKM Lokal

Kompas.com - 13/04/2022, 07:06 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Shopee Indonesia akan terus mengembangkan ekosistem digital di Indonesia dengan melibatkan berbagai UMKM yang ada di berbagai daerah.

Executive Director Shopee Indonesia Handhika Jahja menuturkan, ekosistem digital yang dikembangkan Shopee turut membuka kesempatan yang luas bagi pelaku UMKM di Indonesia untuk bisa semakin membesar.

"Pengembangan ekosistem digital ini akan memberikan banyak opportunity. Apalagi, anak-anak muda yang menjadi digital native, akan banyak memberikan dukungan terhadap digitalisasi di Indonesia," ujarnya di sela-sela peresmian Kampus Shopee di Malang, Selasa (12/4/2022).

Baca juga: Khofifah Minta Penguatan Literasi dan Digitalisasi Usaha Pelaku UMKM

Menurut Handhika, pihaknya akan mendorong pelaku UMKM di berbagai daerah untuk bisa menjadi bagian dari ekosistem yang dikembangkan. Salah satunya adalah melalui pelatihan agar para UMKM lebih melek digital.

Pelatihan ini dilakukan melalui Kampus Shopee yang sejauh ini sudah hadir di 8 kota. Melalui fasilitas tersebut, Shopee mencoba memberikan berbagai bekal bagi UMKM lokal untuk bisa go digital sepenuhnya.

"Hadirnya Kampus Shopee ini tak hanya sebatas mengajari para pelaku UMKM melakukan pemasaran produk. Lebih dari itu, mereka juga diberi pemahaman mengenai operasional dan pengelolaan bisnis, hingga memanfaatkan tools yang ada untuk meningkatkan bisnis mereka," jelas Handika.

Untuk memperbesar ekosistem tersebut, Shopee mengambil strategi yakni menjangkau UMKM di pinggiran, yakni pelaku usaha di daerah-daerah.

Penunjang lainnya

Kampus Shopee adalah salah satu upaya platform e-commerce itu mengembangkan ekosistemnya. Sebelumnya, Shopee juga telah menyediakan berbagai fitur dan layanan untuk konsumen maupun pihak penjual.

Baca juga: Bermodal Rp 300.000, Produk Home Decor Pengusaha Blitar Ini Tembus Asean

Salah satu layanan yang diberikan adalah pemberian pinjaman untuk konsumen serta bagi penjual. Layanan lainnya yang juga telah dikembangkan adalah logistik yang memungkinkan pengiriman barang dilakukan secara lebih efisien.

"Dengan berkembangnya ekosistem ini, kami berharap UMKM lokal bisa menjadi bagiannya sehingga bisa memberikan dampak ke perekonomian," kata Handhika.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.