Teten Masduki Ajak Harley Davidson Club Indonesia Kontribusi Dongkrak Ekonomi UMKM

Kompas.com - 03/07/2022, 08:00 WIB

BUKITTINGGI, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM), Teten Masduki mengajak komunitas  Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) untuk mendongkrak perekonomian khususnya sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai tulang punggung kebangkitan ekonomi pasca-pandemi Covid-19.

Teten dalam sambutannya Sumatera Bike Week HDCI 2022 di Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (1/7/2022) malam, menekankan komunitas termasuk HDCI punya peran penting untuk bersama-sama mendukung pertumbuhan UMKM.

Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) menjadi salah satu komunitas atau club yang diajak Teten untuk berkontribusi dan mendukung pertumbuhan UMKM.

Hal itu bisa dilakukan melalui penyelenggaraan event Sumatra Bike Week HDCI 2022 di Bukittinggi pada 30 Juni-3 Juli 2022. Tercatat sehari pertama penyelenggaraan acara tersebut mencatatkan transaksi yang beredar di Bukittinggi mencapai Rp34 miliar.

"Event HDCI ini mampu mendongkrak ekonomi daerah Bukittinggi. Mulai dari kulinernya hingga sektor pariwisata maupun hospitality yang melibatkan UMKM di Bukittinggi hingga masyarakat merasakan manfaatnya secara langsung," ucap Teten dalam siaran pers yang diterima Kompas.com. 

Dalam acara tersebut juga hadir Ketum HDCI periode 2016-2021, Nanan Soekarna: Ketua Umum HDCI Irjen Pol Teddy Minahasa: Gubernur Sumatera, Mahyeldi Ansharullah; Walikota Bukittinggi, Erwan Safar; dan ribuan anggota HDCI.

Teten mengatakan, penting untuk menggandeng semua pihak dalam meningkatkan pendapatan UMKM.

"Saya senang, HDCI punya komitmen menjadi sahabat UMKM. Saya ingin terus menggaet komunitas seperti HDCI untuk menggerakkan ekonomi UMKM, karena daya belinya tinggi. Tak cuma hotel yang diborong, kuliner oleh-olehnya juga pasti akan dicari," kata Teten.

Ia mengatakan, HDCI memiliki lebih dari 3.000 anggota yang masing-masing memiliki motor Harley Davidson. Hal ini menurut Teten, potensial membuka peluang bagi UMKM di sektor otomotif mulai dari onderdil custom motor, merchandise, hingga produk apparel terkait HDCI.

"UMKM ini sedang tumbuh, terutama UMKM di industri motor custom bahkan sudah ada yang diekspor ke luar negeri. Kami ingin menjadikan UMKM otomotif ini masuk rantai pasok dalam mendorong UMKM ke basis inovasi untuk industri otomotif. Sehingga ini menjadi momentum yang tepat dengan menggandeng HDCI untuk mengembangkan sektor UMKM otomotif," kata Teten.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.