5 Cara Budidaya Kroto untuk Pemula, Pakan Burung Kicau Bisa Hasilkan Cuan

Kompas.com - 05/07/2022, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Istilah kroto pasti tak asing bagi pencinta burung kicau. Kroto adalah jenis pakan yang sangat digemari oleh burung yang tergolong dalam insektivora, seperti burung kutilang, murai batu, jalak, dan beo.

Kroto merupakan telur semut rangrang atau Oecophylla smaragdina. Kroto diklaim kaya akan kandungan protein dan lemak sehingga suara burung yang lebih nyaring dan indah jika mengonsumsinya.

Berbisnis kroto pun bisa menjadi peluang tersendiri. Permintaan kroto disebut cukup tinggi meskipun stoknya di alam terbatas.

Melihat permintaannya yang cenderung naik, bisnis kroto pun semakin menjanjikan. Salah satu caranya yaitu beternak kroto di rumah.

Dikutip dari Cermati.com, besar modal yang dibutuhkan untuk berbisnis kroto berada di kisaran Rp12,5 juta. Biaya tersebut meliputi biaya pembuatan kandang, pembelian bibit, toples, perlengkapan, dan biaya pakan selama sekitar enam bulan.

Lalu, apa saja mesti disiapkan untuk beternak kroto hingga siap dijual? Berikut beberapa cara ternak kroto yang bisa dilakukan di rumah seperti dirangkum dari Cermati.com.

1. Siapkan Bibit

Langkah pertama yang harus disiapkan sebelum beternak kroto yaitu menyiapkan bibit koloni. Kamu bisa menangkap kroto sendiri di alam bebas, jika ingin menghemat biaya. Namun cara ini cukup rumit untuk dilakukan.

Sebagai langkah alternatif, kamu juga bisa membelinya dari petani dengan harga antara Rp150.000-Rp200.000 per liter.

2. Membuat Kandang

Jika bibit koloni telah siap, langkah selanjutnya adalah membuat kandang. Kamu bisa memanfaatkan paralon untuk membuatnya.

Pemilihan paralaon relatif mudah dalam pembuatan, memudahkan saat panen, sekaligus meminimalisir risiko kematian. Paralon juga dinilai lebih tahan lama, dan kedap cahaya tetapi memiliki dua sisi yang terbuka sehingga memiliki tingkat udara yang cukup.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.