Ingin Konsumen Royal Membeli Produkmu? Pakai Trik Ini

Kompas.com - 09/07/2022, 08:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak konsumen tidak sadar dengan perilaku belanjanya. Hanya dalam beberapa menit saja sudah menghabiskan banyak uang untuk membeli sejumlah barang atau produk di satu toko.

Inilah yang harus dilirik setiap pelaku usaha. Mencari cara bagaimana memainkan strategi yang tepat untuk membuat konsumen royal. Bukan memborong barang dari toko lain, tetapi hanya di tokomu.

Berikut beberapa trik yang dapat kamu gunakan agar konsumen lebih konsumtif belanja di toko offline maupun toko onlinemu, seperti dikutip dari Cermati.com.

• Pasang harga berakhiran angka 99 atau 95

Di supermarket atau toko online pasti ada yang mencantumkan harga produk Rp 29.995 atau Rp 49.999? Ketika melihatnya, konsumen akan senang bukan kepalang karena harga barang nampak lebih murah dibanding harga Rp 30.000 atau Rp 50.000.

Inilah taktik pelaku usaha untuk menjaring penjualan lebih banyak. Permainan harga yang lebih disukai banyak orang terhadap suatu produk daripada angka lain, seperti Rp 29.300 atau Rp 49.000.

Jadi, ketika produk diberi label harga berakhiran 99 atau 95 sangat memengaruhi penjualan. Penjualan akan jauh lebih banyak dibanding harga akhiran lainnya, sebab barang bakal terjual lebih cepat.

• Menetapkan satu harga untuk beberapa produk

Strategi lain untuk membuat konsumen menghabiskan lebih banyak uang adalah menetapkan satu harga untuk beberapa barang. Misalnya Rp 100.000 untuk tiga baju.

Sebenarnya konsumen hanya butuh satu baju misalnya, tetapi karena mereka melihat lebih murah dibanding satu baju dengan harga Rp 35.000, maka akhirnya membeli tiga baju seharga Rp 100.000.

Atau trik lain Rp 50.000 untuk empat item barang peralatan masak. Jika beli satu seharga Rp 15.000, namun empat hanya membayar Rp 50.000.

• Menawarkan pilihan harga sesuai ukuran produk

Penetapan harga berikutnya yang sering dijumpai adalah memberi beberapa pilihan harga sesuai ukuran produk. Misalnya minuman boba ukuran regular Rp 20.000 dan large Rp 30.000. Tambah topping cukup membayar Rp 4.000.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.