Pasar Alkes Terbuka Lebar, Pelaku Usaha Lokal Harus Siap Memanfaatkan

Kompas.com - 11/07/2022, 13:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaku usaha lokal memiliki peluang yang cukup besar dalam memenuhi suplai alat-alat kesehatan dalam negeri. Hal ini seiring dengan langkah Kemenperin yang mendorong kenaikan tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

Untuk mendorong pertumbuhan sektor ini, Kementerian Perindustrian telah menempatkan industri farmasi dan alat kesehatan sebagai sektor yang masuk dalam tujuh prioritas pada roadmap Making Indonesia 4.0.

“Kami berharap dunia usaha memanfaatkan peluang ini untuk mengisi pasar alat kesehatan di dalam negeri dan meningkatkan kualitas untuk merebut pasar ekspor,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita beberapa waktu lalu.

Baca juga: UMKM Lokal Didorong Masuk Rantai Pasok Global Lewat Forum BIMP-EAGA

Menurut Menperin, langkah tersebut diambil karena pandemi Covid-19 memberikan perubahan perilaku masyarakat akan gaya hidup yang lebih sehat.

Sementara itu, Presiden Direktur Argon Group, Krestijanto Pandji, menuturkan bahwa industri harus memanfaatkan kesempatan yang semakin terbuka. Karena itu, diperlukan kesiapan pelaku usaha lokal untuk bisa memanfaatkan opportunity tersebut.

"Kami dari pelaku usaha dalam negeri, optimistis bisa memenuhi pasar yang semakin terbuka ini. Peluangnya sangat besar," jelas dia.

Dia menjelaskan, selama ini banyak alat-alat kesehatan yang diimpor. Dengan program pemerintah untuk menaikkan TKDN, hal ini membuat pasar yang nilainya triliunan di Indonesia bisa dinikmati oleh pelaku usaha lokal.

Baca juga: Manfaatkan Potensi Rp5.400 Triliun, Teten Masduki Ajak Seniman Masuk Ekosistem Digital

“Kami sendiri di Argon Group memetik peluang pertumbuhan industri kesehatan di Asia dengan melakukan ekspansi ke Kamboja, sebagai bagian dari ekspansi kami ke pasar regional,” kata Krestijanto.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.