Ciri-ciri Kamu Sudah Siap Buka Usaha, Cek di Sini...

Kompas.com - 20/07/2022, 10:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa yang tak ingin memiliki usaha sendiri sebagai sumber penghasilan? Ya, menjadi pengusaha adalah salah satu impian banyak orang.

Selain bisa menghasilkan uang lebih banyak, kamu pun bisa turut menciptakan lapangan kerja dengan membuka usaha. Dengan begitu, kamu bisa menjadi pemimpin alias tak menjadi karyawan.

Menjalankan usaha sendiri akan membuat kamu lebih leluasa untuk mengerahkan semua kemampuan. Tentu, semua akan berjalan sesuai rencana bisnismu yang telah disiapkan. 

Namun, selalu ada pertanyaan yang muncul sebelum memulai usaha. Sudah siapkan kamu untuk memiliki dan menjalankan usaha?

Baca juga: Pengusaha Muda Asal Madura Siap Naik Kelas

Ya, memang dalam menjalani usaha tentu selalu akan ada pasang surut. Hanya orang-orang terpilih yang bermental baja yang akan sukses dalam menjalankan usaha.

Lalu apa saja ciri-ciri menandakan kamu siap membuka usaha? Berikut ciri-ciri tersebut seperti dirangkum dari Cermati.com.

1. Kamu bukan orang yang egois

Jika memiliki sikap egois, maka kamu tak layak jadi seorang pengusaha. Seorang pengusaha tak boleh memikirkan kepentingan pribadi, tetapi harus bisa memikirkan orang lain.

Egois adalah sikap yang lebih mementingkan diri sendiri. Ciri-ciri individu yang egois adalah tak peduli dengan pendapat, perasaan, ide orang lain, dan menganggap pemikiran sendiri yang paling benar.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Pengusaha Pemula

Ketidakegoisan dalam menjalankan usaha adalah tak hanya mencari keuntungan semata, melainkan juga dapat memberikan manfaat pula untuk masyarakat, bangsa dan negara, bahkan lingkungan

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang tak dapat hidup sendiri. Dalam menjalankan bisnis, kamu tentu membutuhkan kerja sama, saran, masukan, atau pendapat dari orang lain yang belum tentu terpikirkan olehmu untuk kemajuan bisnis.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.