Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-ciri Kamu Sudah Siap Buka Usaha, Cek di Sini...

Kompas.com - 20/07/2022, 10:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa yang tak ingin memiliki usaha sendiri sebagai sumber penghasilan? Ya, menjadi pengusaha adalah salah satu impian banyak orang.

Selain bisa menghasilkan uang lebih banyak, kamu pun bisa turut menciptakan lapangan kerja dengan membuka usaha. Dengan begitu, kamu bisa menjadi pemimpin alias tak menjadi karyawan.

Menjalankan usaha sendiri akan membuat kamu lebih leluasa untuk mengerahkan semua kemampuan. Tentu, semua akan berjalan sesuai rencana bisnismu yang telah disiapkan. 

Namun, selalu ada pertanyaan yang muncul sebelum memulai usaha. Sudah siapkan kamu untuk memiliki dan menjalankan usaha?

Baca juga: Pengusaha Muda Asal Madura Siap Naik Kelas

Ya, memang dalam menjalani usaha tentu selalu akan ada pasang surut. Hanya orang-orang terpilih yang bermental baja yang akan sukses dalam menjalankan usaha.

Lalu apa saja ciri-ciri menandakan kamu siap membuka usaha? Berikut ciri-ciri tersebut seperti dirangkum dari Cermati.com.

1. Kamu bukan orang yang egois

Jika memiliki sikap egois, maka kamu tak layak jadi seorang pengusaha. Seorang pengusaha tak boleh memikirkan kepentingan pribadi, tetapi harus bisa memikirkan orang lain.

Egois adalah sikap yang lebih mementingkan diri sendiri. Ciri-ciri individu yang egois adalah tak peduli dengan pendapat, perasaan, ide orang lain, dan menganggap pemikiran sendiri yang paling benar.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Pengusaha Pemula

Ketidakegoisan dalam menjalankan usaha adalah tak hanya mencari keuntungan semata, melainkan juga dapat memberikan manfaat pula untuk masyarakat, bangsa dan negara, bahkan lingkungan

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang tak dapat hidup sendiri. Dalam menjalankan bisnis, kamu tentu membutuhkan kerja sama, saran, masukan, atau pendapat dari orang lain yang belum tentu terpikirkan olehmu untuk kemajuan bisnis.

Bisnis yang dibangun dengan ego sendiri pasti akan hancur.

2. Selalu bersemangat merealisasikan rencana bisnis

Ciri kedua yang menandakan kamu sudah siap memulai usaha adalah selalu bersemangat merealisasikan rencana bisnis. Rencana bisnis yang disiapkan pun perlu matang. 

Rencana bisnis bisa berisi tentang pencarian modal usaha, riset pasar, kebutuhan bujet, persiapan bahan baku dan peralatan, pencarian lokasi usaha yang strategis, peningkatan keahlian untuk mendukung usaha, hingga antisipasi risiko yang bisa muncul kapan pun.

Baca juga: Tips Sukses Banting Stir dari Karyawan Jadi Pengusaha

Kamu perlu sikap totalitas tanpa batas, mengerahkan seluruh kreativitas dan kemampuan untuk menjalankan usaha yang telah direncanakan.

3. Tahu cara menjual produk

Tahu cara menjual produk adalah ciri lain jika kamu siap membuka usaha. Kamu tak hanya mampu menciptakan produk yang dibutuhkan masyarakat, tetapi paham cara menjual produk ke konsumen. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com