Presiden Maicih Bongkar Rahasia Sukses untuk Pengusaha Pemula, Catat!

Kompas.com - 24/07/2022, 09:00 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com - Membangun usaha memang penuh lika-liku tersendiri. Kegagalan pasti mengiringi kesuksesan bagi setiap pengusaha.

Reza Nurhilman, presiden (pemilik dan pendiri), Maaicih, produk keripik pedas dari Bandung, Jawa Barat sudah membuktikannya. Pahit manis dalam membangun usaha sudah berulang kali dihadapi Maicih.

Reza Nurhilman, presiden (pemilik dan pendiri), MaaicihReza atau dikenal dengan sapaan AXL "membongkar" cerita dan tips-tips sukses berbisnis kepada 52 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam acara Sharing Sesion bertajuk “JagoWAn Digital UKM: Berdayakan Wirausahawan MudaDigital, Bangkitkan Ekonomi Jayapura”, Papua pada Sabtu (23/7/2022).

Tahun 2010, AXL, memulai bisnis Maicih. Saat itu, nama Maicih terinspirasi dari sebuah dompet ibu-ibu yang kerap dibawa ke pasar.

Nama Maicih pun spontan muncul saat AXL ditanya temannya terkait nama keripiknya. 

AXL mengatakan, keripik singkong adalah camilan yang sering ia beli. Akhirnya, dari situlah bisnis Maicih yang sempat beromzet hingga milyaran rupiah tersebut dimulai.

AXL bercerita, usahanya hanya berasal dari hal yang sederhana. Ia menyatakan, para calon pengusaha harus memulai dari sesuatu sederhana.

"Justru dari hal sederhana, dari makanan yang dipandang sebelah mata, bisa jadi hal yang besar," ujar AXL.

Dalam konteks bisnis kuliner, semua makanan bisa sukses dijual. AXL awalnya hanya berpikir bagaimana makanan kampung seperti keripik singkong bisa naik kelas.

"Dulu yang mengangkat makanan kampung itu tidak ada," kata AXL. 

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.