Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 20 Produk UMKM Suvenir Resmi G20

Kompas.com - 27/07/2022, 16:58 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenKopUKM) bersama Smesco Indonesia menetapkan 20 produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia menjadi Official Merchandise G20.

Suvenir resmi yang terpilih terdiri dari delapan produk Fesyen dan Aksesoris; dua produk Tas dan Perlengkapan Alat Tulis; lima produk Kosmetik, Herbal, dan Kesehatan; empat produk Kerajinan Tangan; dan satu produk pembuatan kemasan.

“Pendaftaran produk dimulai pada bulan Februari dan diikuti 1.204 UMKM. Lalu lolos 688, lalu 100, dan akhirnya menjadi 20 UMKM yang bisa dilihat saat ini di (Smesco),“ kata Direktur Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata dalam acara Showcase Official Merchandise G20 Indonesia di Gedung Smesco, Jakarta Selatan pada Selasa (26/7/2022) siang.

Leo mengatakan, proses kurasi produk-produk Official Merchandise G20 dilakukan tim kurator yang independen dan berkompetensi di bidangnya. Leo menyebutkan, event G20 merupakan kesempatan para pelaku UMKM melakukan promosi produk.

Tim Kurator Official Merchandise terdiri dari Ketua Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika Indonesia (PPAK), Solihin Sofian; Program Manager ESMOD Jakarta, Patrice Desilles; Graphic Designer, Uci Z. Soemarmo; dan pihak Dewan Kerajinan Nasional, Yukako Akasi.

Lalu apa saja produk-produk yang menjadi suvenir resmi G20 pilihan KemenKopUKM dan Smesco Indonesia?

Berikut daftar produknya dilansir dari katalog produk suvenir resmi G20.

1. Pandora Mutiara

Pandora Mutiara merupakan merek toko retail fesyen dan aksesoris dari mutiara asal Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pandora Mutiara membuat desain produk realis perhiasan mutiara.

Ada produk-produk perhiasan dari mutiara seperti gelang, cincin, dan lainnya.

2. Kallestory Eyewear

Kallestory merupakan produk berkategori fesyen dan aksesoris asal Yogyakarta. Kallestory Eyewear membuat kacamata dari bahan-bahan seperti tanduk kerbau dan tanduk domba dari berbagai daerah.

3. Dehealth Supplies

Dehealth Supplies merupakan produk kesehatan yang berasal dari Jawa Timur. Dehealth Supplies menyediakan produk-produk minuman seperti cuka apel, cuka nanas, dan cuka lemon.

4. Fragrande Kreasi Alami

Fragrande Kreasi Alami merupakan produk kesehatan yang berasal dari Jawa Barat. Fragrande Kreasi Alami menyediakan lilin-lilin aroma terapi dan pengharum ruangan.

5. Lima Menara Sejahtera

Lima Menara Sejahtera merupakan produk tas yang berasal dari Bali. Lima Menara Sejahtera memproduksi tas-tas dari bahan-bahan seperti karung goni, kulit asli, kain endek Bali, kain kanvas, dan kain lainnya.

6. Adem Juice & Smoothies

Adem Juice & Smoothies merupakan produk minuman kesehatan yang berasal dari Bali. Adem Juice & Smoothies menawarkan minuman-minunam berbahan campuran dari apel, jahe, nanas,  jeruk, wortel, dan lainnya.

7. Borobudur Silver

Salah satu suvenir resmi G20, Borobudur Silver dipamerkan di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta pada Selasa (26/7/2022). Borobudur Silver merupakan perusahaan dari Yogyakarta yang bergerak di bidang kerajinan dan perhiasan. Produk-produknya dibuat dari tangan seniman perajin perak.
KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Salah satu suvenir resmi G20, Borobudur Silver dipamerkan di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta pada Selasa (26/7/2022). Borobudur Silver merupakan perusahaan dari Yogyakarta yang bergerak di bidang kerajinan dan perhiasan. Produk-produknya dibuat dari tangan seniman perajin perak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com