Persaingan Bisnis Ternyata Bisa Beri Dampak Positif

Kompas.com - 30/07/2022, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah kamu memiliki bisnis? Bagaimana kamu menanggapi dengan munculnya pesaing yang menyerupai bisnismu?

Seringkali persaingan dalam bisnis dianggap sesuatu yang buruk bahkan menyeramkan. Persaingan bisnis layaknya medan perang yang harus dihadapi. Bahkan tak sedikit juga menganggap musuh bagi pebisnis lain yang dianggap sebagai pesaing.

Persaingan bisnis juga seringkali dilakukan dengan berbagai macam cara termasuk kecurangan. Demi merebut konsumen maka akan dilakukan cara-cara yang tidak baik. Beginilah potret persaingan yang tidak sehat.

Lalu, apakah selalu persaingan dalam bisnis itu membawa dampak yang buruk? Jawabannya adalah TIDAK. Justru jika pebisnis mampu melihat dari sudut pandang yang berbeda maka akan menemukan banyak sisi positifnya.

Berikut ini akan dijelaskan 5 manfaat persaingan dalam bisnis, seperti dilansir dari Cermati.com.

Baca juga: Tips Pintar menggunakan kartu kredit agar kamu makin untung

1. Memicu Otak Untuk Berpikir Kreatif

Persaingan bisnis akan membutuhkan kinerja otak kita untuk lebih kreatif. Jika kreatif maka akan muncul ide-ide inovatif yang tentu menjadi faktor pembeda dengan pesaing. Bisa jadi dari segi pemasaran, inovasi produk maupun tampilan outlet maupun kemasan produk.

Kreativitas akan terbangun untuk kemajuan usaha. Apalagi jika pesaing memiliki produk yang serupa, maka perlu untuk terus berinovasi. Hal inilah yang akan menjadi faktor pembeda dari bisnis lain.

2. Mendorong Meningkatkan Pelayanan

Bersaing secara sehat akan menimbulkan perbaikan-perbaikan sistem dari sebuah perusahaan, salah satunya mendorong inovasi produk. Ini merupakan salah satu faktor terpenting untuk mendapatkan konsumen yang loyal.

Jangan remehkan sebuah pelayanan. Jika pelayanan buruk, hal itu dapat menimbulkan citra yang buruk juga bagi perusahaan. Testimoni pelanggan akan cepat menyebar. Apalagi jika hal itu negatif. Oleh karena itu, pastikan pelayanan perusahaan kita terhadap konsumen memuaskan.

Meningkatkan pelayanan dapat dengan berbagai cara. Bisa dengan meningkatkan kualitas produk, melayani dengan ramah dan sabar hingga menambah fitur-fitur tertentu yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.