5 Produk UMKM Asal NTT Tembus Pasar Australia, Ini Kata Kadin NTT

Kompas.com - 30/07/2022, 11:00 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Sebanyak lima produk hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) asal Nusa Tenggara Timur (NTT) tembus pasar Australia.

Hal itu disampaikan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) NTT Bobby Liyanto kepada Kompas.com, Jumat (29/7/2022).

Lima produk tersebut yakni Cokelat Gaura, La Moringa, Biskuit Sorgum, Kelor Full Mamage dan Timor Moringa.

"Baru lima ini lolos kurasi dan diterima di pasar Australia," ujar Bobby.

Bobby saat ini bersama sejumlah pengurus Kadin NTT, sedang berada di Australia dalam rangka road show selama lima hari di sejumlah kota besar di negeri kanguru itu.

Menurut Bobby, tidak semua produk UMKM asal NTT yang bisa masuk ke Australia. Sulitnya menembus pasar Australia lantaran syaratnya yang sangat ketat.

Bobby mencontohkan, produk yang bisa masuk ke Australia harus dikemas dengan tulisan berbahasa Inggris, barcode-nya harus standar internasional dan juga harus lolos uji nutrisi internasional.

"Jadi sebelumnya, mereka harus tes dulu produk kita. Kalau mereka mau baru dikirim," ungkap Bobby.

Baca juga: UMKM NTT Berpeluang jadi Eksportir Kopi

Dari segi kuantitas produk, lanjut Bobby, diakui yang dibawa masih sedikit.

Namun, yang menjadi substansinya adalah produk NTT bisa diterima di luar negeri. Itu artinya Kadin ingin agar UMKM asal NTT bisa menembus pasar dunia.

"Saya berharap bahwa ini memberikan semangat kepada teman teman pengusaha UMKM lainnya, bahwa produk kita bisa diterima di luar negeri," ujar Bobby.

Kadin lanjut Bobby, mau mendorong produk UMKM NTT supaya terkurasi baik, agar bisa memenuhi standar internasional.

"Ini sebenarnya memberikan satu semangat dan menunjukan bahwa kita NTT pun bisa. Dengan kita lakukan begitu maka UMKM kita sebenarnya sudah kita bisa ekspor," ujar Bobby.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.