Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk UMKM Mi Sagu Instan Boedjang Wakili Riau Ikut Festival di Belanda

Kompas.com - 27/08/2022, 10:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

RIAU, KOMPAS.com - Mi Sagu Instan Boedjang, produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) asal Desa Gogok, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau akan tampil di Festival Tong Tong Fair di Amsterdam, Belanda pada awal September 2022 mendatang.

Mi Sagu Instan Boedjang terpilih dan lolos dari puluhan ribu produk UMKM di Indonesia yang diseleksi oleh tim Kementerian BUMN.

Bupati Kepulauan Meranti, Muhammad Adil mengaku bangga dan akan mendukung penuh Mi Sagu Instan Boedjang. Menurutnya, ikutnya Mi Sagu Instan Boedjang di Festival Tong Tong Fair menjadi salah satu upaya memperkenalkan produk sagu khas daerahnya ke dunia.

"Untuk itu, Pemkab akan memfasilitasi keberangkatannya untuk mengikuti acara pameran di Belanda itu," kata Adil di Selatpanjang, Jumat seperti dikutip dari Antara.

Adil berharap dengan mengikuti salah satu festival budaya terbesar di dunia itu, komoditas utama Kepulauan Meranti tersebut makin dikenal luas. Selain itu, diharapkan juga bisa berdampak pada permintaan sagu dari Riau.

"Kalau produk sagu dan turunannya ini telah meningkat, tentu akan berdampak pada jumlah produksi dan otomatis membuka lapangan kerja di Meranti," ujar Adil.

Sementara Pemilik Mi Sagu Instan Boedjang, Praptini mengaku senang sekali bisa mewakili UMKM Kepulauan Meranti dalam Festival Tong Tong Fair. Ia berharap produk UMKM miliknya mendapat peminat lebih banyak, baik di skala lokal maupun internasional.

"Saya berharap juga dapat memotivasi pelaku UMKM yang lain di Kabupaten Kepulauan Meranti," tutur Praptini.

Selain produk mi sagu kemasan merek Boedjang, Praptini juga menghasilkan produk turunan sagu lainnya seperti kue brownis sagu, stik sagu keju, dan dessert sagu mutiara. Semua produk turunannya itu sudah dikemas dengan menarik dan telah dilengkapi dengan izin edar.

Produk Mi Sagu Instan Boedjang diajukan oleh Rumah Kreatif BUMN (RKB) Kepulauan Meranti untuk diseleksi oleh Tim Kementerian BUMN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com