Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelola Keuangan Perusahaan Sendirian? Ini Tipsnya

Kompas.com - 02/09/2022, 15:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Keuangan perusahaan menjadi salah satu kunci sukses sebuah bisnis, dan Anda harus memahami hal ini dengan baik.

Jika Anda ingin lebih mudah dalam mengelola keuangan bisnis Anda, maka mengelolanya sendiri merupakan keputusan yang tepat.

Masing-masing pengusaha akan memiliki cara sendiri untuk mengelola keuangan perusahaannya.

Berikut ini adalah beberapa tips penting, yang bisa Anda lakukan untuk mengelola keuangan perusahaan dengan sukses, seperti dilansir dari Cermati.com:

1. Pahami kebutuhan keuangan perusahaan Anda

Kondisi keuangan satu perusahaan dengan perusahaan lainnya tentu saja akan berbeda. Hal ini juga membuat kebutuhan penanganan keuangan itu sendiri juga menjadi berbeda.

Jika Anda berniat untuk mengelola keuangan perusahaan Anda dengan baik, maka pastikan Anda memahami dengan baik kebutuhan keuangan itu sendiri. Anda harus paham apa saja langkah yang diperlukan di dalam keuangan tersebut.

Cek satu per satu apa saja transaksi keuangan yang biasa Anda lakukan dan bagaimana Anda melakukannya. Apakah Anda perlu melakukan transaksi ini setiap hari atau justru mungkin hanya membutuhkannya secara berkala?

Lihat juga apakah selama ini Anda sudah menerapkan pola yag tepat dalam mengelola keuangan Anda tersebut. Jika belum, maka apa saja yang perlu Anda perbaiki ke depannya, agar kondisi keuangan bisa berjalan dengan efisien.

Jika Anda sudah memahami kebutuhan keuangan perusahaan, maka mulailah melihat layanan apa saja yang tepat untuk kebutuhan tersebut. Saat ini bank sudah menyediakan banyak layanan, sehingga Anda memiliki kesempatan yang sangat luas untuk menemukan salah satu yang paling tepat bagi Anda.

Jika Anda ingin penjelasan yang lebih detail terkait layanan tersebut, maka tidak ada salahnya untuk mendatangi langsung bank yang bersangkutan.

2. Pilih layanan atau aplikasi keuangan yang tepat

Jangan memilih layanan atau aplikasi perbankan dengan sembarangan, terutama jika Anda belum memahami dengan baik manfaatnya. Hal ini penting, mengingat Anda membutuhkan layanan yang tepat dan bisa mendukung Anda lebih mudah dalam mengelola keuangan.

Selain itu, faktor keamanan juga menjadi poin yang penting. Jangan sampai Anda mengambil resiko besar, hanya karena menggunakan aplikasi yang tidak aman sejak awal.

Pilih layanan atau aplikasi perbankan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan keuangan perusahaan Anda. Artinya, aplikasi ini bisa mempermudah Anda dalam mengelola keuangan, baik itu untuk melakukan berbagai transaksi keuangan maupun untuk mengawasinya.

Anda perlu menyesuaikan pilihan Anda ini dengan kondisi serta kebutuhan keuangan perusahaan secara keseluruhan. Akan sangat bijak jika Anda bisa memilih satu aplikasi yang dapat memenuhi semua kebutuhan keuangan Anda sekaligus.

Baca juga selengkapnya : Pebisnis, Begini Cara Cerdas Memutar Uang dalam Bisnis Tanpa Masalah Keuangan

3. Terapkan aplikasi dengan benar

Jika sudah memilih layanan atau aplikasi perbankan yang tepat, maka Anda bisa menerapkannya di dalam keuangan perusahaan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com