Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Ide Bisnis Sampingan untuk Karyawan, dari Sewa Pakaian hingga Fotografer

Kompas.com - 14/09/2022, 13:39 WIB
Gabriela Angelica,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki pendapatan sampingan di luar pekerjaan tetap, tengah menjadi tren saat ini. Kamu tidak perlu takut untuk mencobanya karena merintis sebuah usaha tidak selalu memerlukan modal yang besar.

Terkadang, masih banyak juga pekerja kantoran atau karyawan yang merasa tidak bisa memulai bisnis sampingan karena waktu yang terbatas untuk mengelola usahanya. Padahal, ranah dan jenis UMKM sangatlah beragam.

Usaha yang kamu rintis juga tidak harus menghasilkan produk, namun bisa berupa jasa atau layanan.

Baca juga: Ingin Usahamu Cepat Berkembang? Simak Tips dari Sandiaga Uno Ini

Modal yang tidak besar, waktu yang fleksibel, dan bisa menambah pemasukan, itulah kriteria bisnis sampingan ideal yang dibutuhkan pekerja kantoran.

Berikut ini adalah beberapa ide usaha kecil yang bisa memenuhi kriteria di atas:

1. Bisnis Sewa Pakaian

Bisnis model seperti ini sedang menjadi tren, tapi mungkin saja masih ada orang yang belum terlalu familiar. Usaha sewa pakaian bisa mulai dirintis dengan menyewakan pakaian-pakaian yang sedang tren dan banyak dicari.

Anda bisa menawarkan 10 pakaian dengan harga Rp 300.000 dengan jangka waktu penyewaan selama 1 bulan.

2. Toko Online

Saat ini, toko online jadi jenis usaha yang umum. Kamu dapat membuat laman web mandiri atau menggunakan peran E-commerce. Jenis usahanya pun bisa disesuaikan dengan kemampuan waktu dan dana yang dimiliki, mulai dari makanan, pakaian, hingga pernak-pernik.

Kamu juga bisa menjadi seorang reseller apabila memiliki rekan vendor atau teman yang dapat diajak kerja sama.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Eyelash Extension agar Cuan Terus...

3. Fotografer Freelance

Usaha sampingan berdasarkan hobi juga bisa menjadi lahan cuan menarik saat ini, salah satunya adalah memotret. Seorang pekerja kantoran umumnya akan memiliki waktu kosong di akhir pekan. Kamu dapat memanfaatkan waktu kosong dengan menjadi fotografer freelance.

4. Menjual Makanan Cepat Saji

Bisnis makanan sedang menjamur saat ini. Jika Anda memiliki waktu yang bisa dimanfaatkan untuk mengelolanya, bisnis jenis ini jadi contoh usaha yang bisa memberikan keuntungan besar.

Anda juga dapat bekerja sama dengan rekan yang pandai memasak atau memiliki ide bisnis makanan unik untuk sama-sama mengelola bisnis ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com