Melalui SMESCO Hub Timur, 100 UKM Ditargetkan ‘Naik Kelas’

Kompas.com - 23/09/2022, 18:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Smeco Indonesia mendorong produk-produk dari Usaha Kecil Menengah (UKM) di wilayah timur Indonesia untuk naik kelas dengan lewat Smesco Hub Timur.

Sebagai penghubung investasi, Smesco Hub Timur akan menjadi wadah bagi produk UKM wilayah timur agar bertemu dengan investor, pelatihan, dan ajang pameran agar menjadi tujuan pasar ekspor.

“Targetnya 100 UKM naik kelas, yang 80 dari kecil ke menengah dan 20 dari menengah ke besar,” tutur Direktur Utama Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata dalam wawancara khusus dengan Kompas.com di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta pada Selasa (20/09/2022).

Leo mengatakan, target tersebut akan dicapai dalam waktu tiga tahun ke depan. Pihaknya, juga menyiapkan sejumlah program untuk merealisasikan target 100 UKM naik kelas itu. 

"Kita menyiapkan fasilitas dimana antara supply dan demand bertemu. Supplynya adalah UKM atau komunitas atau apapun yang kebutuhannya adalah investasi. Demandnya adalah dari yang mau menyalurkan uang, baik yang productive loan misalnya bank atau fintech atau pun yang kebutuhannya adalah untuk memberikan investasi, berinvestasi," ujar Leonard.

Baca juga: Smesco Siapkan Smesco Hub Timur untuk Fasilitasi Pelaku UKM Cari Investor

Dalam misi agar UKM ‘naik kelas’, pemilihan lokasi di Bali juga dinilai dapat memudahkan para investor untuk melirik dan menginvestasikan dananya pada UKM timur Indonesia.

“Tapi tempat ini (SMESCO Hub Timur) jadi tempat di mana provinsi-provinsi ini bisa mendorong potensial untuk dipamerkan di sana. Kenapa Bali? Karena menurut saya kita kumpul di satu titik saja dan undang investornya ini lebih gampang,” ungkap Leo.

Berangkat dari keluhan biaya mahal yang dirasakan UKM di wilayah timur, SMESCO Hub Timur dicanangkan agar UKM mendapatkan perlakuan yang sama dengan wilayah lain.

Treatment antara sisi (Indonesia barat) sebelah sini (Indonesia timur) dan sebelah sini harus berbeda. Karena kenyataan fundamentalnya berbeda dan potensinya juga berbeda sehingga kita gak bisa menyamaratakan program. Nah, ide SMESCO Hub Timur muncul dari situ,” jelas Leo.

Dengan lahan seluas 800 meter persegi SMESCO Hub Timur akan mengandalkan komunitas aktif agar program-programnya berjalan.

Sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat menghasilkan keuntungan baik untuk UKM dan juga SMESCO Indonesia.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.