Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Incar Potensi Wakaf Uang Rp 180 Triliun, BWI Lakukan Sertifikasi Pengelola Wakaf

Kompas.com - 31/10/2022, 05:18 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia dengan potensi wakaf uang yang diperkirakan sebesar Rp 180 triliun. Wakaf uang bisa dilakukan melalui Lembaga Keuangan Syariah (LKS) Penerima Wakaf Uang.

Untuk bisa mencapai potensi tersebut, perlu langkah strategis yang harus dijalankan oleh pengelola perwakafan nasional atau nazhir (pengelola wakaf) untuk mengakselerasi aset wakafnya melalui upgrading dan peningkatan kompetensi.

Untuk meningkatkan kompetensi tersebut, Badan Wakaf Indonesia membentuk Lemdiklat dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Badan Wakaf Indonesia (BWI) yang merupakan LSP Wakaf pertama di dunia.

Baca juga: Wakaferse Dompet Dhuafa Perkenalkan Manfaat Wakaf Produktif

 

Sampai saat ini, LSP BWI telah memberikan Sertifikasi Kompetensi Nazhir kepada 1.140 orang
dari 24 provinsi di Indonesia.

Ketua LSP-BWI Nurul Huda menjelaskan tujuan uji kompetensi dan sertifikasi Nazhir untuk meningkatkan penerimaan wakaf uang pada Sabtu (29/10/2022).

“Pelatihan dan sertifikasi profesi Nazhir ini diberikan kepada LKS PWU agar LKSPWU mempunyai kompetensi untuk merencanakan penerimaan harta benda wakaf sehingga dapat meningkatkan penerimaan wakaf uang di LKS PWU," kata Nurul Huda, dalam keterangan resminya, Sabtu (29/10/2022).

Baca juga: Dompet Dhuafa Memperluas Literasi Wakaf Melalui Wakaferse

Sementara itu Ketua Badan Pelaksana BWI Mohammad Nuh menuturkan, bahwa pelatihan dan sertifikasi kompetensi Nazhir dan LKSPWU merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan kinerja perwakafan di Indonesia.

“Pelatihan dan sertifikasi kompetensi Nazhir dan LKSPWU kunci untuk meningkatkan kinerja perwakafan Indonesia,” Nuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com