Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OCBC NISP Bantu UMKM Perempuan dengan Kombinasi Solusi

Kompas.com - 04/11/2022, 17:20 WIB
Putri Sophia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank OCBC NISP melalui kampanye CurrenShe mendorong pengusaha, termasuk sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang dikelola perempuan untuk meningkatkan perekonomian Indonesia dibantu kombinasi solusi.

Kombinasi solusi merupakan gabungan dari tiga solusi yang Bank OCBC NISP tawarkan, untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan bagi pengusaha perempuan. Seperti yang disampaikan oleh Presiden Direktur Bank OCBC NISP, Parwati Surjaudaja.

“Kita lihat pengusaha perempuan ini kebutuhannya agak berbeda dengan laki laki, sehingga kami menggunakan kombinasi solusi supaya perempuan bisa berkembang mandiri,” tuturnya, dalam peluncuran kampanye CurrenShe di Sarinah, Jakarta, Kamis (3/11/2022).

Ketiga solusi yang ditawarkan tersebut meliputi solusi Manage, layanan perbankan untuk mengatur keuangan pribadi dan bisnis. Grow, untuk kredit usaha, dan Live untuk sarana komunitas dan pembelajaran bisnis.

Program kombinasi solusi ini merupakan dukungan untuk UMKM perempuan. Mengingat data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenKopUKM), sebanyak 64,5 persen UMKM di Indonesia dikelola oleh perempuan.

“Perekonomian Indonesia lebih dari 61 persen justru didukung oleh UMKM, dan 64 persen UMKM itu dikelola perempuan, jadi perannya perempuan sangat penting di sektor usaha dan di sektor bisnis,’ sambung Parwati.

Kombinasi solusi ini merupakan bagian dari kampanye CurrenShe, dan program #TAYTB Women Warriors dari Bank OCBC NISP.

Program ini mendorong representasi perempuan agar bisa memaksimalkan potensinya dalam dunia bisnis, ekonomi, dan juga di rumah.

“Perempuan di ekonomi dan bisnis itu sesuatu langkah cerdas untuk kebaikan ekonomi Indonesia. Jadi harapan saya bukan hanya setara di tempat perempuan bekerja bisa berkarya, tapi juga setara di rumah,” tutup Parwati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com