Produk Ekonomi Kreatif UMKM Dipamerkan dalam Spouse Program KTT G20

Kompas.com - 16/11/2022, 07:00 WIB

BALI, KOMPAS.com - Spouse Program Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 menghadirkan ragam produk ekonomi kreatif hasil karya anak bangsa.

Produk-produk dari usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) tanah air ini hadir dalam program yang dikhususkan bagi para pendamping Kepala Negara atau spouse yang hadir saat KTT G20 Indonesia 2022. Acara ini dihadiri enam pendamping Kepala Negara dan diselenggarakan di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort, Rabu (15/11/2022).

Baca juga: Dukung UMKM Go Internasional, BNI Optimalkan Momentum G20

Salah satunya hasil karya yang ada adalah produk Ba-Ju by Paul yang merupakan karya fashion dengan desain etnik dan berkonsep serbaguna. Desainer Ba-Ju, Paul Amron Yuwono, menyampaikan bahwa produk brandnya mengkombinasikan kain tradisional terbaik dari seluruh pelosok Indonesia.

“Ini sangat sustainable, saya mendesain satu sarung yang bisa dikenakan dengan banyak gaya. Ada 12 style jika digunakan perempuan, kalau laki-laki bisa digunakan kurang lebih 6 style," tutur Paul yang dikutip dari siaran resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Sealsa (15/11/2022).

Paul menjelaskan, ia menggunakan teknik manipulasi kain yang didaur ulang untuk memberikan tampilan etnik yang chic dengan rasa tanggung jawab untuk menjaga kelestarian lingkungan, sosial, dan etika.

Produk UMKM yang ditampilkan Spouse Program KTT G20 pada Rabu (15/11/2022) di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort, berkonsep berkelanjutan lingkungan, sesuai dengan tema Spouse Program ?The Journey: Indonesian Sustainable Living Culture?.Dok. Kemenparekraf Produk UMKM yang ditampilkan Spouse Program KTT G20 pada Rabu (15/11/2022) di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort, berkonsep berkelanjutan lingkungan, sesuai dengan tema Spouse Program ?The Journey: Indonesian Sustainable Living Culture?.

Hal ini sejalan dengan tema Spouse Program, yaitu “The Journey: Indonesian Sustainable Living Culture”.

Paul berharap produk Ba-Ju bisa disukai dan menarik bagi para pendamping Kepala Negara yang hadir pada saat Spouse Program.

Selain Ba-Ju, masih terdapat brand UMKM lain yang hadir dalam gelaran Spouse Program ini, mulai dari brand produk makanan, kerajinan tangan hingga kesehatan seperti Javara, Du'Anyam, Atsiri, dan masih banyak lagi.

Ada juga produk Javara milik Helianti Hilman. Javara menjual berbagai produk pangan organik, alami, dan artisanal terbaik yang berasal dari berbagai daerah di kepulauan Indonesia.

Baca juga: Kreativitas Perajin Lokal Berhasil Bawa Produk Tampil di KTT G20

Business Development Strategist Jaavara, Aisha Achir mengatakan, Javara terinspirasi dari semangat, dedikasi, dan ketekunan petani kecil dan masyarakat adat yang melawan segala rintangan, berjuang untuk menjaga warisan keanekaragaman hayati pangan serta kearifan adat dan spiritualisme pada sistem pangan berkelanjutan.

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.