Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembudidaya Ikan Air Tawar Kini Didukung Berbagai Akses Pembiayaan

Kompas.com - 17/11/2022, 16:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank OCBC NISP dan eFishery berkolaborasi dalam memberikan dukungan pembiayaan untuk sektor akuakultur, khususnya budidaya ikan air tawar.

Hal ini sejalan dengan strategi Kementerian Kelautan & Perikanan (KKP), yaitu penyerapan kredit usaha oleh pelaku UMKM dengan tujuan menjaga dan meningkatkan daya saing UMKM perikanan.

“Kolaborasi ini diharapkan dapat menghasilkan ekosistem akuakultur yang terintegrasi dan berkelanjutan untuk memperkuat ketahanan pangan nasional di masa mendatang,” ungkap Digital Lending Division Head Bank OCBC NISP, Veronika Susanti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis, (17/11/2022).

Layanan pembiayaan tersebut disalurkan melalui program Kabayan (Kasih, Bayar Nanti) eFishery, yang memungkinkan pembudidaya mengajukan pinjaman dengan bunga ringan dan tenor yang dapat disesuaikan.

Selain dari segi pembiayaan, pembudidaya ikan air tawar pun dapat membeli pakaian melalui eFishery dengan pembayaran bertahap, atau dengan tempo setelah panen terjual.

CEO dan Co-Founder eFishery mengungkapkan, masalah akses pembiayaan yang sulit kerap dihadapi pelaku UMKM perikanan di Indonesia.

Masalah tersebut menurutnya kerap kali membuat pelaku UMKM perikanan beralih ke tengkulak, atau pihak finansial lain yang mematok bunga tinggi yang menyulitkan.

“Kondisi tersebut membatasi ruang gerak pembudidaya dan membuat mereka terjebak dalam kondisi finansial yang kurang menguntungkan,” tutur CEO dan Co-Founder eFishery, Gibran Huzaifah.

Lebih lanjut, kolaborasi ini juga membantu UMKM perikanan untuk memiliki pencatatan arus kas dengan cara yang mudah.

Melalui KTA Cashbiz OCBC NISP, para pelaku UMKM perikanan ini dapat mengatur pencatatan arus kas yang dapat membantu operasional budidaya.

“Untuk itu, dengan adanya dukungan modal untuk berbudidaya, pembudidaya dapat mengembangkan bisnis budidayanya dengan optimal,” tutup Gibran.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.