KTT G20 di Bali, Sejumlah Pelaku UMKM di Bali Alami Peningkatan Omzet

Kompas.com - 18/11/2022, 07:00 WIB

 

BALI, KOMPAS.com - Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Bali merasakan dampak positif penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. G20 disebut membuat omzet para pelaku UMKM mengalami peningkatan. 

Pemilik ragam anyaman bambu dengan jenama MaiKubu Tigawasa, I Gede Guntur Juniarta mengatakan, keterlibatannya pada G20 membawa keberkahan pada jumlah omzet yang dicapai.

“Kami sangat senang sekali ikut meramaikan event G20 seperti ini, dan dampaknya sangat terasa bagi kami, di mana ada peningkatan penjualan,sekitar 20 persen,” kata Guntur dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (17/11/2022).

Hal senada disampaikan pemilik Dinz Handmade, Dina Widiawan. Industri rumahan dengan produk kreasi tas berbahan pewarna alam yang ia jalani banyak diminati para delegasi KTT G20.

“Karena saya masih industri rumahan, semua masih saya kerjakan sendiri, omzet saya rata-rata sebelum G20 ini berkisar Rp 20-25 juta perbulannya, namun semenjak ada event G20, saya dalam seminggu ini kurang lebih menghasilkan omzet yang biasanya per bulan,” kata Dina.

Baca juga: House of Craft Jadi Ajang Perajin Lokal Unjuk Diri di KTT G20

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Presidensi Indonesia G20 yang diisi berbagai rangkaian kegiatan dengan acara puncak pertemuan para Kepala Negara G20 pada 15 hingga 16 November di Bali memberikan dampak yang besar dalam pemulihan sektor pariwisata tanah air.

Sandiaga mengatakan, KTT G20 Indonesia 2022 di Bali menjadi pendorong kuat bagi pulihnya sektor pariwisata Indonesia.

“Hal ini terlihat dari lonjakan tingkat keterisian penginapan di Bali,” kata Sandiaga.

Pelaku UMKM di KTT G20Dok. Kemenparekraf Pelaku UMKM di KTT G20

Sandiaga mengungkapkan, KTT G20 memberikan multiplier effect di industri pariwisata mulai dari hulu ke hilir. Dari transportasi darat, laut, udara, biro perjalanan, perhotelan, sampai restoran semuanya terdampak positif.

Hal ini pun mendorong pada terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja baru yang berkualitas.

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.