Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Memulai Bisnis Homestay yang Bisa Anda Terapkan

Kompas.com - 27/11/2022, 11:14 WIB

KOMPAS.com - Aturan bepergian yang tidak seketat dulu membuat mobilitas masyarakat meningkat drastis. Hal yang wajar apabila kebutuhan akan penginapan ikut meningkat. Tidak hanya untuk kebutuhan pribadi, tapi juga keluarga dan bisnis.

Berbicara mengenai penginapan, homestay menjadi salah satu tipe yang sedang naik daun. Selain murah, homestay juga terasa seperti rumah sendiri, jadi cukup nyaman untuk ditempati.

Melihat tingginya permintaan homestay, Anda yang punya modal pasti mempunyai keinginan untuk membuka bisnis yang satu ini. Bagi yang ingin membuka bisnis, tapi bingung jenis bisnisnya, maka homestay ini patut dijadikan pertimbangan.

Apalagi jika Anda mempunyai properti yang tidak dihuni, karena adanya properti ini dapat meringankan biaya sewa bulanan. Alhasil, persentase keuntungan yang didapatkan menjadi maksimal.

Agar nantinya bisnis berjalan lancar, berikut ini tips memulai bisnis homestay yang bisa diterapkan dikutip dari Cermati.com:

1. Memperhatikan lokasi

Ramai atau tidaknya pengunjung sangat bergantung pada lokasi penginapan. Maka dari itu, pilihlah lokasi strategis yang mudah dijangkau oleh pengunjung. Tidak perlu harus di pusat kota karena harga tanahnya yang mahal, tapi setidaknya mempunyai akses yang bagus.

Bagusnya akses akan memudahkan pengunjung untuk sampai ke homestay milik Anda. Ditambah lagi jika harganya bersaing, homestay pasti banyak dicari, deh!

2. Menentukan target pasar

Sebelum mulai membangun homestay, coba tentukan target pasarnya. Apakah homestay tersebut untuk backpacker, keluarga, atau rombongan? Dengan target pasar yang jelas, Anda sendiri akan semakin leluasa untuk membangun dan menentukan konsep yang pas.

Misalnya, untuk target pasar keluarga, maka pastikan ukuran per ruangan lebih luas. Sebab, yang menempati homestay bisa dipastikan lebih dari dua orang. Bandingkan jika target pasarnya backpacker, maka ruangan berukuran 3x4 saja bisa disulap jadi kamar yang sanggup menampung belasan orang.

3. Merancang konsep semenarik mungkin

Alangkah lebih baik jika pembangunan homestay menggunakan konsep yang menarik. Misalnya, konsep minimalis dengan warna putih dan abu-abu untuk kesan simpel, namun enak dipandang. Konsep taman bunga untuk kesan yang ramai dan berwarna.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.