Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaatkan Peluang Bisnis saat Wisuda Mahasiswa, Pemuda Kutoarjo Jualan Bucket dan Raup Cuan

Kompas.com - 27/11/2022, 18:00 WIB

PURWOREJO, KOMPAS.com - Di tengah hiruk pikuk masyarakat Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah yang saat ini sedang banyak yang mencari kerja di beberapa perusahaan, ternyata masih banyak generasi milenial yang kreatif.

Bagi sekumpulan anak dari Kecamatan Kutoarjo ini, melamar pekerjaan adalah hal nomor dua. Farid Aji Nugroho (21), Alivia Latifani (21), Putra Abi Rafdi (21) dan Sekar Putri (21) memilih berbisnis ketimbang melamar kerja di tengah ketidakpastian.

Mereka semua berasal dari Kecamatan Kutoarjo. Sekelompok anak muda ini juga berasal dari satu angkatan SMP yang sama sehingga chemistry diantara mereka sudah terbangun saat menjalani bisnis buket wisuda ini.

Sekelompok milenial ini terlihat membuka stand sederhana di halaman Universitas Muhammadiyah Purworejo saat acara wisuda ke-67 tahun 2022. Mereka tak ragu menawarkan bucket kepada para pengunjung yang mayoritas adalah orangtua peserta wisuda.

Farid menjelaskan, ide bisnis bucket  wisuda ini muncul pasca pandemi Covid-19, ketika masyarakat mulai rame mengadakan kegiatan. Peluang inilah yang kemudian dimanfaatkan para pemuda ini untuk mencari pundi-pundi cuan.

"Prospeknya lumayan sih. Apalagi sekarang wisudanya sudah mulai offline. Sekarang acara seperti ini rame, nah puang ini yang kita manfaatkan," kata Farid sembari menata buket-buket pada Sabtu (26/11/2022).

Sekumpulan pemuda dari Kecamatan Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah sedang berjualan bucket di Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah pada Sabtu (26/11/2022).KOMPAS.com/BAYU APRILIANO Sekumpulan pemuda dari Kecamatan Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah sedang berjualan bucket di Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah pada Sabtu (26/11/2022).

Dengan bantuan tiga orang temannya, Farid hanya butuh waktu sekitar empat hari untuk membuat puluhan bucket siap jual. Bucket yang dibuat kelompok milenial ini sangat variatif dan disesuaikan dengan selera masyarakat saat ini.

"Ada buket balon yang lagi hits saat ini, ada bucket snack, bucket bunga dan beberapa jenis lainnya sih yang biasa diminati mahasiswa," kata Farid.

Alivia Latifani menambahkan, pembuatan bucket ini cukup mudah. Mereka hanya tinggal menyusun dan merangkai bahan menjadi satu bucket yang estetik.

Beberapa bahan yang wajib ada diantaranya mulai dari lem, isolasi, gunting, wrapping paper, spon, stik bambu dan sejumlah jenis hiasan lainnya seperti balon, bunga dan snack.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.