Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI Terus Dukung UMKM Lokal Go Global Lewat Program Exhibition Tahunan

Kompas.com - 15/12/2022, 20:23 WIB
Gabriela Angelica,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus memberikan dukungannya pada usaha kecil lokal, salah satunya melalui acara UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENUER.

Pagelaran tahunan ini, yang kali ini juga dalam rangka menyambut hari jadi ke-127 diselenggarakan secara offline pada 14-18 Desember 2022.

Mengusung tema “Brings MSMEs Indonesia to The World”, acara tahunan ini memiliki tujuan utama untuk mendorong para pelaku UMKM tersebut bisa terus maju dan go global.

Hal itulah yang mendasari Bank BRI melanjutkan program ini, sebagai bentuk dukungannya dan memberi panggung pada UMKM yang sudah terkurasi untuk memamerkan dan memasarkan produknya.

Baca juga: Dongkrak Rasio Wirausaha, KemenKopUKM dan BRI Hadirkan Growthpreneur

President Director Bank BRI, Sunarso menekankan, bahwa untuk terus mensejahterakan perekonomian negara, salah satu yang juga perlu diperkuat adalah neraca jam kerja.

Hal tersebut, dapat terwujud melalui peran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal.

"Selain neraca perdagangan, neraca pembayaran, perlu juga dikuatkan lagi dengan neraca jam kerja. UMKM itu sebenarnya memperbaiki neraca jam kerja. Karena satu nasabah kredit usaha rakyat (KUR) saja, itu pasti mempekerjakan 3 karyawan," tutur Sunarso.

"Itu menunjukkan betapa pentingnya peran UMKM dalam perekonomian negara," imbuhnya.

Hal itu ia katakan dalam sambutannya pada acara Opening Ceremony UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENUER 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (15/12/2022).

Acara ini juga dihadiri Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Dalam kesempatan yang sama, Teten mengungkapkan bahwa perlu adanya program-program sejenis sebagai terobosan baru yang dapat mendukung percepatan ekspor produk lokal.

"Di 2024, ekspor kita ditargetkan mencapai 17 persen dan sekarang kita baru 15,65 persen. Ini menjadi tantangan untuk kita, sama-sama kita perlu kolaborasi. Harus melakukan upaya-upaya terobosan baru untuk mempercepat ekspor UMKM," ujar Teten.

Baca juga: Tahun 2022, BRI akan Alokasikan 60 Persen KUR ke UMKM Sektor Produktif

Masyarakat dapat melihat langsung produk UMKM pilihan terbaik yang telah dikurasi dalam acara UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENUER, melalui kegiatan pameran yang berlangsung mulai 1-31 Desember 2022 di JCC atau pun secara daring.

Aktivitas ini juga menghadirkan acara expo yang diselenggarakan secara daring, bazar online yang bekerja sama dengan marketplace, coaching clinic, podcast, talkshow, hingga program Business Matching yang ditujukan bagi para pelaku UMKM.

Terdapat 500 UMKM untuk Bazar Online dan 250 UMKM showcase pilihan yang akan menghadirkan cerita, keunggulan, dan kualitas produk-produknya kepada pengunjung atau audience nasional dan 40 buyers internasional yang berasal dari 20 negara.

Baca juga: BRI Fasilitasi UMKM di Bali Jualan lewat Lapak Digital

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com