Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percepat Pemulihan Covid-19, PHRI Kembangkan Pariwisata Berbasis UMKM

Kompas.com - 10/01/2023, 07:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

KULON PROGO, KOMPAS.com - Badan Pimpinan Cabang Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (BPC PHRI) Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta berkomitmen mengembangkan pariwisata berbasis Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Pengembangan pariwisata berbasis UMKM diharapkan bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi pasca-pandemi Covid-19.

Ketua BPC PHRI Kulon Progo Sumantoyo di Kulon Progo mengatakan, pengurus BPC PHRI 2023-2028 akan fokus mengembangkan UMKM pariwisata di Kulon Progo untuk bagaimana pariwisata dan pelaku UMKM di Kulon Progo bisa saling bersinergi.

"UMKM pariwisata itu lebih mudah cari uang, pagi dijual siang dibelanjakan, sore dibuat lagi, beda dengan UMKM lainnya. Ini mungkin juga belum menjadi fokus dari dinas terkait, sehingga nantinya dengan dinas-dinas terkait untuk dapat bersama-sama mengembangkannya," kata Sumantoyo seperti dikutip dari Antara.

Ia mengatakan PHRI juga mendorong digitalisasi di bidang pariwisata di Kulon Progo, sehingga diharapkan mampu meningkatkan potensi pendapatan dari UMKM pariwisata lebih baik lagi.

Selain itu, dirinya juga mendorong dinas/instansi untuk mengutamakan belanja kegiatan pada anggota PHRI Kulon Progo, karena PHRI Kulon Progo juga sudah turut andil dalam menyumbang PAD melalui pajak hotel maupun restoran di Kulon Progo.

"Program kerja kami jangka pendek ini bagaimana anggota PHRI ini bisa masuk e-Katalog atau Mbiz market, sehingga nanti kami mohon paling tidak teman-teman OPD belanjanya ke anggota PHRI Kulon Progo," harapnya.

Sumantoyo juga berharap adanya kolaborasi antara destinasi wisata dengan instansi terkait dalam mendukung akomodasi sarana prasarana untuk meningkatkan potensi pendapatan dari pariwisata yang merupakan salah satu fokus program di PHRI Kulon Progo.

"Kolaborasi ini mempercepat pertumbuhan pariwisata," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo Joko Mursito mengatakan pemkab dalam hal ini Dinas Pariwisata siap bersinergi dan berkolaborasi dengan PHRI Kulon Progo dalam meningkatkan kesejahteraan anggota PHRI Kulon Progo.

"Dengan berkembangnya hotel-hotel di Kulon Progo ini tentu akan menambah greget PHRI dalam mengembangkan produknya. Dan kami selalu berharap sinergitas PHRI dengan Dinas Pariwisata termasuk apa yang bisa kita lakukan kita siap mengembangkan. Nanti rekomendasi atau program-program PHRI yang bisa dilakukan kita tunggu bisa kita laksanakan bersama-sama," kata Joko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com